Penuh kejutan, rupee mungkin naik minggu depan

Penuh kejutan, rupee mungkin naik minggu depan

Klarifikasi. Nilai tukar rupee berpotensi untuk lebih meningkatkan perdagangan di minggu mendatang.

Reporter: Entan Nirmala Saree | editor: Ya ampun

KONTAN.CO.ID – Jakarta. Nilai tukar rupee berpotensi untuk lebih meningkatkan perdagangan di minggu mendatang. Adapun apa yang akan terjadi, perasaan dukungan akan datang dari dalam dan dunia.

Berdasarkan data Bloomberg, rupee pada Jumat (9/10) berhasil ditutup 0,07% menjadi 14.700 rupee per USD dan dalam seminggu menguat 1,11% terhadap dolar AS dari 14.865 rupee per USD pada Jumat (2/10). ). Sementara itu, data suku bunga rata-rata Bank Indonesia (Jisdor) mencatatkan kenaikan 0,08% rupee menjadi 14.737 rupee per dolar AS pada Jumat (9/10) atau naik 1,03% dalam sepekan.

Adi Fangesto, Analis HFX International Futures, mengatakan sentimen eksternal dan internal akan terus mendorong rupee untuk pekan depan. Secara eksternal, risiko berkembangnya virus akan mengganggu pemulihan dan menjadi sorotan global.

Terlebih lagi, lambatnya perkembangan stimulus AS, keretakan yang masih berlangsung antara AS dan China, serta pemilihan presiden AS telah mempengaruhi prospek pemulihan ekonomi. Ady mengatakan kepada Kontan.co.id, Minggu (10/11): “Terlepas dari kekhawatiran Presiden AS Donald Trump yang dianggap positif Covid-19, pembicaraan stimulus juga menemui jalan buntu, dan indeks saham utama pekan ini berakhir menguat. Sangat”.

Baca juga: Pemerintah mengubah anggaran pena, ekonom: Ini harus dialokasikan ke sektor yang lebih efisien

Selain itu, peningkatan imbal hasil pada 10-tahun US Treasury tidak memberikan dukungan apapun Dolar. Sebaliknya, alirkan lagi tempat penampungan yang aman Itu terjadi dengan kekuatan penuh. Di satu sisi, Addy menilai Oktober 2020 bakal penuh kejutan, diiringi dengan mendekati tanggal puncak pemilihan presiden AS pada November 2020.

READ  Motahari menutup 7 toko karena Corona, ini situsnya

Sementara dari sisi internal maupun lokal, UU Cipta Karya membebani penguatan rupee. Ady menilai, tanpa sense of Job Creation Act, rupee saat ini rupee bisa bergerak kuat dengan memanfaatkan melemahnya indeks dolar AS dalam beberapa pekan terakhir.

“Jelas ada kekhawatiran masuknya dana asing ke Indonesia, selain kekhawatiran investor tentang keengganan pemerintah yang cenderung negatif dalam menciptakan kondisi dunia kerja,” ujarnya.

Baca juga: Menunggu demonstrasi berkembang, nilai tukar rupee cenderung menguat

Apalagi drama politik dan kepentingan tersembunyi dari kelompok anti-pemerintah sedang berusaha untuk menciptakannya Kekacauan Masih bencana juga, sebelum pemerintah melakukan penyelidikan menyeluruh. Untuk itu, Ady memprediksi rupee masih berpeluang konsolidasi dan berpotensi bergerak di kisaran 14.500 rupee per dolar AS hingga 14.800 rupee per dolar AS.

Ekonom Maybank Myrdal Gunarto memperkirakan pergerakan rupee terus terkonsolidasi selama seminggu ke depan. “Prediksinya berkisar antara 14.500 rupee per dolar AS hingga 14.900 rupee per dolar AS,” kata Myrdal kepada Kontan.co.id, Minggu (10/11).

Baca juga: Ekonom ini memprediksi BI akan mempertahankan suku bunga 4% hingga akhir tahun

Donasi, Dapatkan Kupon Gratis!

Dukungan Anda akan meningkatkan semangat kami untuk menyediakan artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai tanda terima kasih atas perhatiannya, ada kupon gratis senilai donasi yang bisa digunakan untuk berbelanja Toko bahagia.


We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply

MEDIABOGOR.COM AMAZON, DAS AMAZON-LOGO, AMAZONSUPPLY UND DAS AMAZONSUPPLY-LOGO SIND MARKEN VON AMAZON.COM, INC. ODER SEINE MITGLIEDER. Als AMAZON ASSOCIATE VERDIENEN WIR VERBUNDENE KOMMISSIONEN FÜR FÖRDERBARE KÄUFE. DANKE, AMAZON, DASS SIE UNS UNTERSTÜTZT HABEN, UNSERE WEBSITE-GEBÜHREN ZU ZAHLEN! ALLE PRODUKTBILDER SIND EIGENTUM VON AMAZON.COM UND SEINEN VERKÄUFERN.
Media Bogor