Perancang busana Pierre Cardin dimakamkan di Pemakaman Montmartre di Paris

Perancang busana Prancis Pierre Cardin (tengah) berpose dengan model di vilanya di Theoule-sur-Mer, Prancis. Foto: IC

Keluarga Cardin mengatakan kepada AFP bahwa perancang busana Prancis Pierre Cardin, yang meninggal awal pekan ini pada usia 98, dimakamkan dalam upacara pribadi di pemakaman Montmartre di Paris.

Menurut keinginannya, Cardan dimakamkan di peti mati hitam dengan pedang yang dia rancang, dan pegangannya dijalin dengan bidal, mata jarum dan gulungan benang sementara bilahnya menyerupai gunting.

Dikenal karena desain futuristiknya, Cardin mendapatkan ketenaran di Eropa pasca perang dan mengubah namanya menjadi merek penghasil uang global.

Dia dimakamkan di ruang bawah tanah bersama rekan dan mantan pasangannya Andre Oliver, yang meninggal pada tahun 1993.

Di bawah kanopi kain hijau, warna favorit Cardan, keluarga dan teman berkumpul sebelum pemakaman untuk rahmat dan upeti.

Perancang busana, yang lahir dari keluarga berpenghasilan rendah di Italia utara tetapi menjadi bintang mode yang berbasis di Prancis, meninggal Selasa di sebuah rumah sakit di Neuilly, sebelah barat Paris.

Setelah membuat label fesyennya sendiri pada tahun 1950, ia dengan cepat membangun nama sebagai inovator, menciptakan gaun gelembung legendaris pada tahun 1954.

Koleksi Space Age-nya tahun 1964 tetap menjadi tonggak sejarah mode.

READ  Tingkah Lesti Kejora dan Rizky Kejora terekam di dalam mobil, sehingga kepala Lesty diperlakukan begini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *