Perbedaan antara RNA Virus dan Reverse Transcription RNA Virus

KOMPAS.com Virus mengandung materi genetik yang terdiri dari DNA atau RNA. Ada virus yang mengandung RNA dan memiliki satu untai, dan beberapa juga memiliki untai ganda, dan keduanya membawa penyakit yang berbeda.

Tapi tahukah Anda bahwa ada virus RNA yang berubah menjadi virus DNA dan disebut virus transkripsi terbalik RNA? Jadi apa perbedaan antara virus transkripsi balik RNA dan virus RNA biasa? Untuk mengetahui jawabannya, yuk simak uraian berikut ini!

Pertanyaan dan diskusi

Apa perbedaan antara virus RNA dan virus transkripsi balik RNA?

Menjawab:

Virus RNA adalah virus yang memiliki materi genetik yang stabil berupa RNA atau RNA. Sedangkan virus transkripsi balik RNA disebut retrovirus, yaitu virus yang mengubah materi genetiknya saat RNA tunggal berubah menjadi DNA untai ganda.

Virus RNA Terdiri dari 3 kelompok utama berdasarkan strukturnya, yaitu virus RNA untai ganda (dsRNA), virus RNA untai tunggal (ssRNA +), dan virus RNA untai tunggal negatif (ssRNA-).

Baca juga: Apa perbedaan antara RNA dan DNA?

Sedangkan virus ER tidak lagi diklasifikasikan dan langsung dibagi menjadi jenis virusnya.

Laporan dari kesehatan yang baikRetrovirus disebut retrovirus karena proses transkripsi dibalik, jika proses penyalinan biasanya dari DNA ke RNA, sedangkan pada retrovirus, transkripsi dibalik dari RNA ke DNA.

READ  Meteor jatuh di langit selama pembangunan kembali insiden penembakan FBI Lasker

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *