Perhatikan! Jupiter dan Saturnus akan bertemu 800 tahun sebelum Natal

SANS, HARIANHALUAN.COM – Dua planet besar, Saturnus dan Jupiter, akan semakin berdekatan dan akan segera bertemu. Pertemuan antara keduanya adalah Great Concealment atau Papasan Agung. Menariknya, pasangan hebat antar planet dapat dilihat sebagai bintang tunggal saat teropong digunakan dengan mata telanjang.

Menurut CNet seperti dikutip dari HiTeknoPerpanjangan Saturnus dan Jupiter ini terakhir kali terjadi pada tahun 1226. Secara kasar, penggabungan Jupiter dan Saturnus ke langit Bumi terjadi setiap 19,6 tahun. Namun, terakhir kali kedua planet ini bertemu pada malam hari dan manusia di Bumi dapat melihatnya sekitar 800 tahun yang lalu.

Baca juga: Ancaman populasi penguin setelah gunung es terbesar di dunia terbelah

Institut Penerbangan dan Luar Angkasa menulis: “Pada hari Senin, 21 Desember 2020, dua raksasa Jupiter dan Saturnus akan terkunci dalam pelukan. Nasional (Lapan) di Instagram baru-baru ini.

Di Barat, bentangan luas antara Jupiter dan Saturnus ini juga disebut sebagai bintang Natal karena terjadi tepat sebelum Natal. Tetapi para astronom menjelaskan bahwa penunjukan ini tidak ada hubungannya dengan peristiwa Natal dalam tradisi Kristen. Meskipun mereka tampak sangat dekat dengan Bumi, jaraknya hanya 0,1 derajat – jarak sebenarnya antara Jupiter dan Saturnus saat peristiwa langka ini terjadi sekitar 450 juta mil.

Baca juga: Tahukah Anda, ternyata manusia purba sedang berbaring!

Jadi jangan lewatkan strip menakjubkan antara Jupiter dan Saturnus malam ini. Namun perlu diingat, peristiwa langka ini hanya bisa disaksikan saat langit cerah. Bentangan luas ini mudah dilihat: berbelok ke barat daya, sekitar 25 derajat setelah matahari terbenam. Saturnus dan Jupiter akan tampak dalam kesejajaran vertikal dan cukup cerah sehingga dapat diamati dengan mata telanjang.

READ  Bawa toilet ke kamera virtual reality, kargo NASA lepas landas di stasiun luar angkasa. Semua halaman

Menurut para ilmuwan di Blog Astronomi Langit Selatan, Jupiter dan Saturnus akan ditentukan setelah pukul 20:07. Ini adalah Great Connect, dan ini adalah pertemuan langka antara planet Saturnus dan Jupiter.

Baca juga:

Lubang hitam terbesar di galaksi telah menghilang, ilmuwan Geiger

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *