Perjalanan Berat Reformasi Birokrasi di Indonesia – Sen, 13 Juni 2022

Perjalanan Berat Reformasi Birokrasi di Indonesia – Sen, 13 Juni 2022

Alexander B. Koroh (The Jakarta Post)

PREMIUM

Kupang, Nusa Tenggara Timur ●
Sen, 13 Juni 2022

Perlunya pelaksanaan reformasi birokrasi di Indonesia tampaknya muncul pada tahun 1998, sebagai bagian dari reformasi sistem politik pasca jatuhnya rezim Soeharto. Secara teoritis, kebutuhan ini tepat karena kondisi keberhasilan reformasi sistem politik dari otoriter ke demokrasi juga ditentukan oleh adanya birokrasi yang dapat digunakan (Linz dan Stepan, 1998).

Hanya birokrasi yang dapat digunakan yang dapat mengimplementasikan kebijakan publik dari pemerintahan yang demokratis untuk memenuhi kebutuhan individu dan masyarakat. Ini menjadi perhatian yang vital, krusial karena tujuan akhir dari setiap pemerintahan apapun bentuknya adalah untuk menciptakan kebaikan bersama. Berhasil tidaknya demokratisasi di negara-negara tertentu termasuk Indonesia juga ditentukan oleh reformasi birokrasi.

Secara umum, para sarjana administrasi atau manajemen publik sepakat bahwa tujuan utama pelaksanaan reformasi birokrasi adalah demi pemenuhan kebutuhan publik. Pelajaran yang dapat kita ambil dari banyak negara demokrasi yang melakukan reformasi birokrasi pada tahun 1980-an adalah bahwa reformasi birokrasi yang berhasil merupakan peningkatan yang signifikan yang mampu menyesuaikan kebutuhan individu dan masyarakat.

untuk Membaca Cerita Lengkap

BERLANGGANAN SEKARANG

Mulai dari Rp 55.500/bulan

  • Akses tak terbatas ke konten web dan aplikasi kami
  • e-Post surat kabar digital harian
  • Tidak ada iklan, tidak ada interupsi
  • Akses istimewa ke acara dan program kami
  • Berlangganan buletin kami

Atau biarkan Google mengelola langganan Anda

READ  Putri Duyung + Sampah + Pantai Kuta: Tambahkan Seni Dinding Kelapa Bali Bali Edisi Terbatas ke Dekorasi Kamar Anda

We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply

MEDIABOGOR.COM AMAZON, DAS AMAZON-LOGO, AMAZONSUPPLY UND DAS AMAZONSUPPLY-LOGO SIND MARKEN VON AMAZON.COM, INC. ODER SEINE MITGLIEDER. Als AMAZON ASSOCIATE VERDIENEN WIR VERBUNDENE KOMMISSIONEN FÜR FÖRDERBARE KÄUFE. DANKE, AMAZON, DASS SIE UNS UNTERSTÜTZT HABEN, UNSERE WEBSITE-GEBÜHREN ZU ZAHLEN! ALLE PRODUKTBILDER SIND EIGENTUM VON AMAZON.COM UND SEINEN VERKÄUFERN.
Media Bogor