Perkenalkan M1, chipset pertama yang dibuat Apple untuk Mac baru

Suara.com – sebuah apel Chipset M1, prosesor pertama Apple, diperkenalkan Rabu (11/11/2020) pagi. Peluncuran ini dilakukan bersamaan dengan dirilisnya seri Mac terbaru dari Apple.

Menurut laporan dari situs resmi Apple, perusahaan teknologi asal AS tersebut mengklaim bahwa chip M1 dapat menghasilkan performa dan efisiensi yang luar biasa di seri Mac terbaru.

“Belum pernah ada chip seperti ini sebelumnya. Selama lebih dari satu dekade, kami telah bersiap untuk membuat chip yang akan memasuki era baru untuk Mac,” kata Johnny Srouji, wakil presiden senior teknologi perangkat keras di Apple.

M1 sendiri merupakan chip komputer pribadi pertama yang dibuat menggunakan teknologi prosesor 5nm dengan dukungan 16 miliar transistor. Ini memberi chipset M1 jumlah item terbesar yang pernah ditempatkan Apple dalam satu chip.

Baca juga:
Dengan chip baru, Apple secara resmi meluncurkan MacBook Pro dan MacBook Air

Sebelumnya, Mac menggunakan beberapa chipset untuk CPU, sistem input dan output (I / O), keamanan, dan lainnya. Dengan M1, semua teknologi ini digabungkan menjadi satu chipset untuk memberikan integrasi dan efisiensi energi yang lebih baik.

M1 juga dilengkapi arsitektur memori onboard yang menyatukan memori bandwidth tinggi dan latensi rendah dalam satu paket khusus. Ini memungkinkan semua teknologi pada chip untuk mengakses data yang sama tanpa harus menyalinnya di antara set memori yang berbeda.

Selain itu, M1 memiliki fitur CPU 8-inti yang terdiri dari empat inti berkinerja tinggi dan empat inti berefisiensi tinggi. Keempat inti ini memberikan daya komputasi untuk menghadirkan kinerja CPU dengan penggunaan energi yang lebih sedikit, sekaligus efisien dan cepat.

GPU M1 juga dirancang dengan arsitektur octa-core dengan total 128 unit eksekusi. Apple menyatakan bahwa GPU ini memiliki rating 2,6 TFLOPS, menandakan itu yang tercepat.

READ  dikembangkan! WhatsApp Web akan segera menambahkan fitur telepon dan panggilan video, dan begini cara kerjanya

Mesin neural 16-inti M1 akan mendukung 11 algoritme pembelajaran mesin TOPS. Ada juga mesin encoding / decoding media canggih di chipset serta prosesor sinyal gambar.

Baca juga:
Dibekali chip M1, Apple mengklaim MacBook Pro lebih cepat dan baterainya lebih awet

Mendukung prosesor Apple M1 Thunderbolt. Dengan ini, pengguna Mac dapat menikmati penyimpanan eksternal yang cepat dan aksesori lainnya. Ada juga dukungan USB 4 di dalamnya.

More from Shakeel Mohiuddin

Kini Tinggal dan Meniti Karir di Amerika, Penyanyi NIKI Rindukan Kemeriahan 17 Agustus di Indonesia

TRIBUNKALTENG.COM – Momen perayaan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ternyata sangat dirindukan oleh...
Read More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *