PMI menyalurkan 2,5 juta liter air bersih untuk korban gempa

PMI menyalurkan 2,5 juta liter air bersih untuk korban gempa

Cianjur, Jawa Barat (ANTARA) – Palang Merah Indonesia (PMI) menyalurkan sedikitnya 2,5 juta liter air bersih untuk korban gempa bermagnitudo 5,6 yang mengguncang Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat, pada 21 November lalu.

Air bersih tersebut akan disuplai selama tiga bulan ke depan untuk memenuhi kebutuhan warga yang mengungsi di beberapa tempat penampungan sementara dan desa terdampak, menurut petugas PMI Fajar Aciana.

“Selama 25 hari sejak gempa maut itu terjadi, PMI telah mendistribusikan 2,5 juta liter air bersih dengan menggunakan 17 truk,” kata Koordinator Unit Tanggap Darurat Bencana Kantor PMI-Cianjur Fajar Aciana di Jakarta, Sabtu.

Para penerima yang ditargetkan tinggal di tempat penampungan sementara seperti yang ada di Kecamatan Pacet, Cugenang, Cianjur, dan Warungkondang karena tidak adanya pasokan air dari perusahaan air ledeng setempat, katanya.

PMI harus mengirimkan setidaknya 255.000 liter air bersih setiap hari ke tempat penampungan sementara yang ditargetkan dan desa-desa yang terkena dampak, tambahnya.

Gempa bermagnitudo 5,6 mengguncang Kabupaten Cianjur pada 21 November pukul 13.21 waktu setempat.

Pemerintah Kabupaten Cianjur mengungkapkan, korban tewas akibat gempa baru-baru ini bertambah, dari 334 pada 4 Desember menjadi 602 pada 14 Desember.

Jumlah rumah yang roboh dan rusak parah akibat gempa baru-baru ini juga meningkat menjadi 8.151 rumah.

“Jumlah rumah rusak berat bertambah dari 7.817 unit menjadi 8.151 unit. Semuanya sudah diverifikasi,” kata Sekretaris Daerah Kabupaten Cianjur Cecep Alamsyah, Rabu, 4 Desember 2018.

Alamsyah mengatakan, jumlah rumah rusak sedang juga bertambah, dari 10.589 unit menjadi 11.210 unit.

Jumlah rumah rusak ringan juga bertambah, dari 17.195 unit menjadi 18.469 unit, ujarnya seraya menambahkan, gempa juga merusak 525 gedung sekolah, 269 rumah ibadah, 14 fasilitas kesehatan, dan 17 gedung perkantoran rusak berat.

READ  Oppo Reno 3 vs Oppo Reno 4, Perbedaan Spesifikasi dan Harga Versi Indonesia

Menurut Alamsyah, pemerintah telah menyiapkan lahan seluas 2,5 hektare di Desa Sirnagalih untuk membangun 200 rumah tahan gempa.

Berita Terkait: IA-ITB berjanji membangun 50 rumah tahan gempa di Cianjur
Berita Terkait: Korban tewas gempa Cianjur tercatat 602: Bupati
Berita Terkait: PMI membuka layanan kesehatan 24 jam untuk melayani korban gempa Cianjur

We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply

MEDIABOGOR.COM AMAZON, DAS AMAZON-LOGO, AMAZONSUPPLY UND DAS AMAZONSUPPLY-LOGO SIND MARKEN VON AMAZON.COM, INC. ODER SEINE MITGLIEDER. Als AMAZON ASSOCIATE VERDIENEN WIR VERBUNDENE KOMMISSIONEN FÜR FÖRDERBARE KÄUFE. DANKE, AMAZON, DASS SIE UNS UNTERSTÜTZT HABEN, UNSERE WEBSITE-GEBÜHREN ZU ZAHLEN! ALLE PRODUKTBILDER SIND EIGENTUM VON AMAZON.COM UND SEINEN VERKÄUFERN.
Media Bogor