Polandia berharap menjadi tamu kepresidenan G20 Indonesia

Polandia berharap menjadi tamu kepresidenan G20 Indonesia

Jakarta. Polandia berharap dapat diundang sebagai negara tamu, ketika Indonesia menjadi tuan rumah Forum Ekonomi Dunia G20 yang bergengsi pada tahun 2022, menurut Duta Besar Polandia untuk Indonesia Beata Stoczynska.

Menjadi ekonomi terbesar di Eropa Tengah dan Timur dan peringkat 21 dalam PDB global, Polandia merasa hampir menjadi bagian dari G-20 – meskipun bukan anggota resmi.

“Sebagai ekonomi ke-21 di dunia, kami memiliki ambisi untuk lebih proaktif dan menjadi mitra 20 negara untuk membahas situasi global,” kata Beata kepada surat kabar Jakarta Globe pada pertemuan media di kedutaan di Jakarta, Selasa.

Jika diundang, Polandia bertujuan untuk membagikan praktik terbaiknya pada pertemuan tingkat menteri dan kelompok kerja yang terkait dengan digitalisasi, iklim, dan jalur keuangan – tiga bidang yang menjadi keunggulan negara tersebut.

Misalnya, di bidang keuangan, Polandia dapat berpartisipasi dalam diskusi tentang memerangi penipuan pajak pertambahan nilai (PPN).

Polandia memiliki banyak hal untuk ditawarkan dalam hal iklim, digital, dan sektor keuangan. “Kami siap mengundang pakar dan analis ke Indonesia untuk membahas hal tersebut,” kata Byata.

Polandia sedang mengintensifkan diskusi dengan pemerintah Indonesia tentang keinginannya untuk menjadi negara tamu tahun depan.

Beata juga mengungkapkan rencana Menteri Iklim dan Lingkungan Polandia Mikkai Kortica untuk mengunjungi Indonesia pada November. Kunjungannya diharapkan membuka pintu bagi Indonesia untuk memperpanjang undangan ke Polandia.

“Semoga bisa [Michał Kurtyka] Kami akan bertemu dengan mitra di sini di Jakarta, dan berbicara tentang ambisi kami untuk G20. “Kami juga berencana membawanya ke Surabaya, kemungkinan Bandung,” kata diplomat itu.

Selama kepresidenan G20 Indonesia, sekitar 150 pertemuan dan acara sampingan diharapkan selama tahun depan. Ini pertama kalinya Indonesia memimpin G20.

READ  Menyebut unduhan yang salah, CDC menghapus penyebaran virus Corona di udara

Pada 2019, Polandia mencatat PDB sekitar $592 miliar, menempatkannya di urutan ke-21 secara global.

Polandia juga telah menetapkan target untuk mencapai 28,5% dari penggunaan energi terbarukan pada tahun 2040. Energi terbarukan saat ini mencapai 15% dari bauran energi Polandia, menurut kedutaan Polandia.

Data kedutaan juga menunjukkan bahwa penerimaan pajak pertambahan nilai Polandia naik sekitar 49 persen selama periode 2015-2020. Pajak pertambahan nilai Polandia berjumlah 184,6 miliar zlotys (sekitar 660 triliun rupiah) tahun lalu.

Dalam hal digitalisasi, Polandia saat ini sedang mengembangkan sistem keamanan berbasis cloud. Inovasi digital lainnya termasuk aplikasi pelacakan kontak ProteGO.

We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply

MEDIABOGOR.COM AMAZON, DAS AMAZON-LOGO, AMAZONSUPPLY UND DAS AMAZONSUPPLY-LOGO SIND MARKEN VON AMAZON.COM, INC. ODER SEINE MITGLIEDER. Als AMAZON ASSOCIATE VERDIENEN WIR VERBUNDENE KOMMISSIONEN FÜR FÖRDERBARE KÄUFE. DANKE, AMAZON, DASS SIE UNS UNTERSTÜTZT HABEN, UNSERE WEBSITE-GEBÜHREN ZU ZAHLEN! ALLE PRODUKTBILDER SIND EIGENTUM VON AMAZON.COM UND SEINEN VERKÄUFERN.
Media Bogor