Polisi Indonesia membunuh tersangka memerangi penangkapan

Polisi Indonesia membunuh tersangka memerangi penangkapan

Anggota regu polisi kontraterorisme elit Indonesia telah menembak dan membunuh seorang dokter melawan penangkapan yang diduga terkait dengan kelompok militan Jemaah Islamiyah yang dilarang, yang telah disalahkan atas serangkaian pemboman di masa lalu.

JAKARTA, Indonesia — Anggota regu polisi kontraterorisme elit Indonesia menembak dan membunuh seorang dokter melawan penangkapan yang diduga terkait dengan kelompok militan Jemaah Islamiyah yang dilarang, yang telah disalahkan atas serangkaian pemboman masa lalu, kata polisi Jumat.

Pria bernama tunggal Sunardi, 53 tahun, mencoba menabrak petugas yang memblokir truk pikapnya pada hari Rabu di sebuah jalan di Kabupaten Sukoharjo Jawa Tengah, menyebabkan dua petugas melompat ke tempat tidur truk, kata Juru Bicara Polri Ahmad Ramadhan.

Tersangka mengabaikan peringatan polisi untuk menghentikan truk dan terus mengemudi dengan kecepatan tinggi dalam pola membelok dalam upaya nyata untuk melemparkan dua petugas dari truk. Dia menabrak kendaraan di dekatnya dan polisi melepaskan tembakan ke arahnya, kata Ramadhan.

“Apa yang dilakukan petugas kami sudah sesuai dengan prosedur dan langkah-langkahnya,” kata Ramadhan. “Tersangka menyebabkan situasi yang mengancam nyawa petugas dan masyarakat.”

Tersangka dibunuh, yang sedang dalam perjalanan pulang dari sebuah pesantren di Sukoharjo, di mana ia juga menjalankan praktek medis, ditembak di punggung dan pinggul dan dilarikan ke rumah sakit polisi di kota terdekat Solo tetapi meninggal dalam perjalanan. , kata Ramadhan. Dua petugas yang mengejar tersangka terluka dan dirawat di rumah sakit di fasilitas yang sama.

READ  Tidak ada laporan kerusakan setelah gempa Meulaboh: Badan Mitigasi Bencana

Tersangka diyakini sebagai anggota kunci dari jaringan Jemaah Islamiyah yang terkait dengan al-Qaida, yang berada di balik pemboman tahun 2002 di pulau wisata Bali yang menewaskan 202 orang, sebagian besar turis asing, dan serangan lainnya, kata Ramadhan.

Dia adalah wakil pemimpin Jemaah Islamiyah, kata Ramadhan, tanpa menyebutkan apakah Sunardi berperan dalam serangan di Indonesia. Sunardi juga dituduh merekrut dan memberikan bantuan dan dana kepada beberapa militan Indonesia Timur yang melakukan perjalanan ke Tengah untuk kelompok militan di sana yang berafiliasi dengan al-Qaida, kata Ramadhan.

Sebuah pengadilan Indonesia Jemaah Islamiyah pada tahun 2008, dan tindakan keras berkelanjutan oleh pasukan keamanan dengan dukungan dari AS dan Australia membantu melemahkan jaringan militan terlarang.

Serangan militan terhadap orang asing di Indonesia sebagian besar telah digantikan dalam beberapa tahun terakhir dengan serangan yang lebih kecil dan tidak terlalu mematikan yang menargetkan pemerintah, terutama polisi dan pasukan keamanan, yang diilhami oleh taktik kelompok Negara Islam di luar negeri.

Unit kontraterorisme kepolisian Indonesia, yang dikenal sebagai Densus 88, telah menangkap lebih dari 500 tersangka anggota Jemaah Islamiyah dalam dua tahun terakhir, termasuk seorang anggota Majelis Ulama Indonesia, badan Islam tertinggi negara itu, yang ditangkap pada November 2021. grup ini memiliki lebih dari 6.000 anggota.

Polisi Indonesia telah dikritik karena menembak tersangka daripada mencoba menangkap mereka. Pihak berwenang mengatakan mereka dipaksa untuk membela diri.

We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply

MEDIABOGOR.COM AMAZON, DAS AMAZON-LOGO, AMAZONSUPPLY UND DAS AMAZONSUPPLY-LOGO SIND MARKEN VON AMAZON.COM, INC. ODER SEINE MITGLIEDER. Als AMAZON ASSOCIATE VERDIENEN WIR VERBUNDENE KOMMISSIONEN FÜR FÖRDERBARE KÄUFE. DANKE, AMAZON, DASS SIE UNS UNTERSTÜTZT HABEN, UNSERE WEBSITE-GEBÜHREN ZU ZAHLEN! ALLE PRODUKTBILDER SIND EIGENTUM VON AMAZON.COM UND SEINEN VERKÄUFERN.
Media Bogor