Polisi siapkan jalur alternatif saat mudik lebaran

Polisi siapkan jalur alternatif saat mudik lebaran

Itu untuk kebaikan bersama.

Jakarta (ANTARA) – Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya menyiapkan empat jalur alternatif penerapan pola satu arah di tengah arus mudik Lebaran pada 6-8 Mei 2022.

“Empat jalur alternatif Jakarta-Kota Bandung (Provinsi Jawa Barat) akan dibuka selama penerapan skema satu arah untuk lalu lintas kembali dari Kota Semarang (Provinsi Jawa Tengah) ke Jakarta,” direktur lalu lintas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Sambodo Purnomo Yogo mengatakan di sini, Selasa.

Yogo mencatat, jalur alternatif tersebut terdiri dari jalur Jagorawi-Puncak-Cisarua-Cipanas-Cianjur-Sukaluyu-Cipatat-Padalarang-Bandung serta jalur Jagorawi-Cibubur-Cileungsi-Jonggol-Cianjur-Padalarang-Bandung.

Jalur Kalimalang-Kedung Waringin-Karawang-Purwakarta-Wanayasa-Lembang-Bandung serta jalur Kalimalang-Kedung Waringin-Karawang-Purwakarta-Sukatani-Darangdang-Cikalong-Padalarang-Bandung juga disiapkan untuk itu.

Sebelumnya, Kepala Korps Lalu Lintas Polri Irjen Firman Shantyabudi mengimbau para pemudik eksodus Idul Fitri untuk kembali lebih awal ke Jakarta untuk menghindari kemacetan lalu lintas yang parah.

“(Khususnya) karena tanggal 6-8 Mei 2022 akan menjadi puncak periode kembalinya Idul Fitri 2022,” ujarnya.

Berita Terkait: Arus eksodus tercatat tertinggi dari 1,7 juta kendaraan: Jasa Marga

Shantyabudi memperkirakan jumlah kendaraan yang tinggi selama periode tersebut.

Oleh karena itu, dia menilai pemudik yang kembali ke Jakarta sebelum 6 Mei 2022 akan lebih nyaman bepergian karena akan mengurangi jumlah kendaraan pada periode puncak.

“Namun, jika masih bisa mengambil cuti lagi, harus kembali setelah 9 Mei 2022. Ini untuk kepentingan bersama,” ujarnya.

Lebih lanjut, Shantyabudi memastikan pihaknya siap menangani arus balik dan mengimbau masyarakat untuk mengikuti arahan dari korps.

Ia menegaskan, korps dan pemangku kepentingan lainnya juga telah menerapkan bentuk rekayasa lalu lintas lainnya, antara lain skema pembatasan arus lalu lintas dan pelat nomor ganjil genap, untuk menangani kemacetan lalu lintas.

READ  Gunung paling aktif di Indonesia, Gunung Merapi, memuntahkan awan panas | Ilmuwan

“Upaya kami dimaksudkan untuk membantu semua pelancong,” tambahnya.

Berita Terkait: Menteri menyarankan tiga cara untuk meredakan kemacetan lalu lintas di jalan tol

We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply

MEDIABOGOR.COM AMAZON, DAS AMAZON-LOGO, AMAZONSUPPLY UND DAS AMAZONSUPPLY-LOGO SIND MARKEN VON AMAZON.COM, INC. ODER SEINE MITGLIEDER. Als AMAZON ASSOCIATE VERDIENEN WIR VERBUNDENE KOMMISSIONEN FÜR FÖRDERBARE KÄUFE. DANKE, AMAZON, DASS SIE UNS UNTERSTÜTZT HABEN, UNSERE WEBSITE-GEBÜHREN ZU ZAHLEN! ALLE PRODUKTBILDER SIND EIGENTUM VON AMAZON.COM UND SEINEN VERKÄUFERN.
Media Bogor