Polresta Bogor Kota Tangkap Pelaku Penyebar Berita Bohong

mediabogor.com, Bogor – Polresta Bogor Kota mengamankan seorang tersangka penyebar berita bohong di media sosial berinisial IK pada Jumat (17/05/19) siang sekira pukul 14.00 WIB di Perum Griya Soka Blok M Sukaraja Kab. Bogor.

Diketahui, penyebaran berita bohong tersebut terkait dengan beredarnya video berdurasi 1 menit 36 detik pada tanggal 14 Mei 2019 di Youtube yang berbicara tentang komunisme yang sudah masiv di Indonesia dan ajakan perlawanan dalam video yang beredar.

Kapolresta Bogor Kota, Kombespol. Hendri Fiuser mengatakan, berkaitan dengan berita tersebut saat ini pelaku telah dilakukan pemeriksaan di sat reskrim Polresta Bogor Kota.

“Berdasarkan hasil pemeriksaan dari sat reskrim Polresta Bogor Kota, tersangka disangkakan memenuhi unsur dalam pasal 45 A ayat (2) jo pasal 28 ayat (2) UU RI no. 19 Tahun 2016 perubahaan atas UU ri no 11 thn 2008 tentang ITE dan atau pasal 14 dan atau pasal 15 UU RI No 1 thn 1946 tentang penyebaran berita bohong dan atau pasal 160 KUH pidana,” jelasnya.

Ia melanjutkan, berdasarkan hal di atas tersangka sudah menyadari kesalahannya dan meminta maaf kepada masyarakat serta berjanji tidak akan mengulangi perbuatan yang sama.

Atas permohonan dari pihak keluarga dan kuasa hukum tersangka untuk tidak dilakukan penahanan dengan alasan kemanusiaan dan dengan pertimbangan yang bersangkutan tidak akan melarikan diri dan tidak akan menghilangkan barang bukti.

“Kami memberikan penangguhan penahanan kepada yang bersangkutan. Namun, proses hukum tetap berjalan dan kepada tersangka diwajibkan lapor diri 2 kali seminggu di sat reskrim Polresta Bogor Kota,” ungkapnya. (*)