Prassetyo Hardja, Pegokart Bogor Yang Menoreh Prestasi di Tingkat Dunia

mediabogor.com, Bogor – Prassetyo Hardja, pegokart berprestasi yang telah banyak meraih penghargaan di kejuaraan tingkat dunia ini, ternyata berasal dari Kota Bogor. Tak disangka, prestasinya di kancah internasional secara tak langsung juga telah mengharumkan nama Kota Bogor yang menjadi kota kelahirannya.

Pelajar yang baru saja menyelesaikan pendidikannya di SMU Kesatuan Kota Bogor ini menceritakan, kesukaannya pada dunia balap mobil bermula sejak ia duduk dibangku kelas 2 SD. Adalah ayah Prass yang menjadi tokoh utama dibalik kesuksesan Prass dalam menekuni hobinya menjadi sebuah prestasi.

“Awalnya diajak ayah nyoba main gokart. Dari coba-coba itu, akhirnya saya suka sampai sekarang,” ucapnya, Minggu (28/4/19).

Dipilihnya gokart menurut pria kelahiran Bogor, 12 Oktober 2001 ini, karena gokart itu, dasar buat semua pembalap. Jadi, semua pembalap mobil bermula dari gokart dulu. Ia menuturkan, mulai ikut lomba tahun 2009 di Sentul yakni kejuaraan nasional kategori kelas kadet atau kelas anak kecil usia 9-10 tahun. Di kejuaran itu, ia meraih podium kelima.

“Pertama mendapat prestasi itu, tahun 2010 di kelas kadet. Di kejuaraan itu saya menjadi juara nasional. Kemudian di 2011 menang lagi juara 1 di kejuaran yang diadakan di Macau. Lalu tahun 2012 menang offroll champion jadi juara Asia,” bebernya.

Kemudian lanjutnya, tahun 2013 menang juara 1 di kejuaraan yang diadakan di Italy. Tahun 2014 transisi penyesuaian mobil. Lalu di 2015 menjadi juara di Singapure kelas junior. 2016 juara Asia di Malaysia pada kejuaraan Asia dan mendapat tiket kejuaraan dunia 2016 di Italy tapi tidak masuk final karena berat persaingannya.

Lalu masih kata Prass, tahun 2017 jadi juara Asia lagi. Terus ikut lagi kejuaraan dunia 2017 di Portugal, di sini ia masuk peringkat 20 dunia. “2018 kemarin pada kejuaraan Asia di Thailand saya kembali dapat tiket ke Prancis. Disitu saya jadi juara 4 dunia. Untuk di tahun 2019 ini, belum ada kejuaraan yang saya ikuti. Rencana terdekat saya akan ke Thailand untuk kejuaraan Asia,” ungkapnya.

Meski telah menjuarai sejumlah turnamen di berbagai kejuaraan dunia, Prass yang baru saja lulus sekolah ini, tetap berencana melanjutkan pendidikannya ke perguruan tinggi.

“Rencana saya kuliah di Binus ambil jurusan bisnis creation. Ngegokart akan terus saya jalani sambil kuliah. Bahkan kalau ada rejeki saya ingin nyoba kendaraan formula 1. Tapi Itu butuh biaya yang besar. Kita lihat saja nanti rejekinya,” pungkasnya. (*)