Prayut untuk melewatkan KTT ASEAN tentang Myanmar di Jakarta – Asia Tenggara

Prayut untuk melewatkan KTT ASEAN tentang Myanmar di Jakarta – Asia Tenggara

Perdana Menteri Thailand Prayut Chan-ocha mengatakan pada hari Selasa bahwa dia tidak akan menghadiri pertemuan puncak para pemimpin Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) di Jakarta pada 24 April, ketika krisis di Myanmar yang diperintah militer akan dibahas.

Prayut mengatakan Thailand akan diwakili oleh Wakil Perdana Menteri Don Pramudwinai, yang juga menteri luar negeri, pada pertemuan para pemimpin ASEAN di markas besar blok tersebut di Jakarta. Reuters tersebut.

Agen Pers Prancis Sementara itu, Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa Antonio Guterres dan pendahulunya Ban Ki-moon mendesak pemerintah di Asia Tenggara untuk mendesak diakhirinya krisis di Myanmar, selama konferensi video para pemimpin Dewan Keamanan.

“Saya mendesak para pemimpin untuk mengambil tindakan segera dan terkoordinasi,” kata Ban sebelum KTT khusus Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) di Myanmar pada Sabtu di Indonesia.

“Mereka harus setuju bahwa delegasi tingkat tinggi akan mengunjungi Myanmar untuk berkomunikasi dengan semua pihak terkait. Saya dengan tulus menghimbau para pemimpin ASEAN untuk bekerja sama dengan PBB guna membantu negara dan rakyat Myanmar.”

Dia mengatakan dia menyesalkan perpecahan di dalam ASEAN yang mencegah tanggapan terpadu, dan meminta Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa, yang juga terpecah atas Myanmar, untuk “bertindak tegas untuk mencegah yang terburuk terjadi di Myanmar dan sekitarnya.”

“Peran ASEAN lebih penting dari sebelumnya karena kawasan ini menghadapi krisis yang mendesak di Myanmar,” kata Guterres.

“Situasi ini membutuhkan tanggapan internasional yang kuat berdasarkan upaya regional yang bersatu,” tambahnya.

“Saya mendesak para aktor regional untuk meningkatkan pengaruhnya untuk mencegah kerusakan lebih lanjut dan pada akhirnya menemukan jalan keluar yang damai dari bencana ini.”

READ  Malaysia mengizinkan impor pengiriman plastik limbah AS - pekerjaan

Pemimpin Junta Min Aung Hlaing diperkirakan akan bergabung dengan KTT ASEAN – perjalanan resmi pertamanya ke luar negeri sejak kudeta Februari yang menggulingkan pemimpin sipil Aung San Suu Kyi.

Militer bergerak untuk memadamkan protes massa terhadap pemerintahannya, menewaskan sedikitnya 730 orang, menurut kelompok pengawas setempat.

We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply

MEDIABOGOR.COM AMAZON, DAS AMAZON-LOGO, AMAZONSUPPLY UND DAS AMAZONSUPPLY-LOGO SIND MARKEN VON AMAZON.COM, INC. ODER SEINE MITGLIEDER. Als AMAZON ASSOCIATE VERDIENEN WIR VERBUNDENE KOMMISSIONEN FÜR FÖRDERBARE KÄUFE. DANKE, AMAZON, DASS SIE UNS UNTERSTÜTZT HABEN, UNSERE WEBSITE-GEBÜHREN ZU ZAHLEN! ALLE PRODUKTBILDER SIND EIGENTUM VON AMAZON.COM UND SEINEN VERKÄUFERN.
Media Bogor