Presiden Indonesia akan mengangkat panglima militer berikutnya pada bulan November

Presiden Indonesia akan mengangkat panglima militer berikutnya pada bulan November

Jakarta (The Straits Times/Asia News Network): Presiden Joko Widodo akan memilih panglima baru pada November saat Panglima TNI Marsekal Hadi Tjanjanto, 57, pensiun.

Panglima TNI Angkatan Laut Laksamana Yudo Margono diperkirakan akan menempati posisi terdepan di depan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa.

Field Marshal Hadi diangkat pada tahun 2017.

Pedoman implisit di masa lalu adalah rotasi Panglima di antara tiga cabang militer. Namun Jokowi pada tahun 2015, tak lama setelah menjabat, menunjuk seorang jenderal angkatan darat, Jenderal Gatot Nurmantyo, untuk menggantikan perwira militer lainnya, Jenderal Moldoko, yang kemudian menjadi kepala staf kepresidenan.

Militer Indonesia adalah non-partisan, dan pemerintah telah beralih ke militer, khususnya, ketika ketegangan meningkat secara lokal — seperti yang terjadi pada tahun 2016 dengan protes rutin yang dipimpin oleh kelompok militan Islam di jalan-jalan Jakarta.

Setiap pemimpin militer di Indonesia harus pensiun ketika mereka mencapai usia 58 tahun. Biasanya dan idealnya, seorang pemimpin militer tetap menjabat selama satu sampai tiga tahun, meskipun ada kalanya seseorang hanya menjabat satu tahun.

Laksamana Yodo akan pensiun dalam dua tahun dan Jenderal Andika dalam setahun. Menurut banyak pengamat, hal ini menempatkan Panglima Angkatan Laut pada posisi yang istimewa sebagai Panglima Angkatan Darat.

Analis pertahanan Andy Widjajanto mencatat bahwa seseorang dari Angkatan Laut tidak mengarahkan militer selama dua masa jabatan Jokowi, portal berita Tempo.co melaporkan.

Widodo terpilih kembali untuk masa jabatan lima tahun kedua dan terakhir sebagai presiden pada 2019.

Pengamat politik Ali Noureddine dari universitas seperti Al-Anwar mengatakan kepada Straits Times bahwa keamanan internal, seperti serangan baru-baru ini oleh pemberontak di Papua, dapat membuat Jokowi condong ke Jenderal Andika.

READ  Spesies baru katak "cokelat" telah ditemukan - jenis yang tidak boleh Anda makan

Namun insiden kapal asing lain yang merambah perairan utara Natuna, Indonesia, dapat meningkatkan peluang Laksamana Yodo.

Mufti Makarem, penasihat senior bidang politik, hukum, pertahanan dan keamanan di Kantor Kepala Staf Kepresidenan, mengatakan kepada Straits Times bahwa Jokowi akan memilih orang yang paling sesuai dengan tantangan yang dihadapi bangsa.

We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply

MEDIABOGOR.COM AMAZON, DAS AMAZON-LOGO, AMAZONSUPPLY UND DAS AMAZONSUPPLY-LOGO SIND MARKEN VON AMAZON.COM, INC. ODER SEINE MITGLIEDER. Als AMAZON ASSOCIATE VERDIENEN WIR VERBUNDENE KOMMISSIONEN FÜR FÖRDERBARE KÄUFE. DANKE, AMAZON, DASS SIE UNS UNTERSTÜTZT HABEN, UNSERE WEBSITE-GEBÜHREN ZU ZAHLEN! ALLE PRODUKTBILDER SIND EIGENTUM VON AMAZON.COM UND SEINEN VERKÄUFERN.
Media Bogor