Properti hal-hal di seluruh halaman sehari-hari

Properti hal-hal di seluruh halaman sehari-hari

KOMPAS.com – Segala sesuatu tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia, setiap hari Anda menggunakan banyak hal. Tahukah Anda ciri-ciri benda dalam kehidupan sehari-hari? Untuk mengetahuinya, simak materi berikut ini!

Berlian dan grafit

Berlian dan grafit adalah dua bahan berbeda yang menyusun struktur kovalen raksasa karbon murni.

KOMPAS.com/SILMI Nurol Otami
Struktur molekul intan

Laporan dari Scientific AmericanIntan terbuat dari karbon murni yang tersusun tetrahedral atau bergabung dengan 4 karbon lainnya.

Struktur berlian tetrahedral menjadikannya bahan yang paling keras di permukaan bumi, dan berlian dapat memotong dan menggores apa pun dan tidak akan pecah karenanya. Berlian sulit ditemukan, sehingga menjadikannya isolator listrik yang sangat mahal, tangguh, dan baik.

Baca juga: Sebuah logam berumur 1.000 tahun untuk baja tahan karat telah ditemukan di Iran

KOMPAS.com/SILMI Nurol Otami
Struktur molekul grafit

Laporan dari Scientific American, Grafit terdiri dari ikatan heksagonal tiga karbon berlapis dan tak terbatas.

Garis putus-putus pada gambar menunjukkan ikatan lemah pada grafit karena elektron terluar dari setiap karbon tidak terikat. Hal ini membuat grafit menjadi material yang sangat rapuh, ulet, dan licin. Contoh grafit adalah pensil warna hitam yang mudah pecah.

Master Perpipaan CPVCSinendo Kaya Ebadi Master Pipa CPVC

Plastik

Plastik memang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari, namun tahukah anda bahwa ada 7 jenis plastik yang digunakan manusia yaitu PET, HDPE, PVC, LDPE, PP dan PS. PET adalah plastik bening sekali pakai seperti yang digunakan dalam minuman kemasan.

HDPE adalah plastik keras yang tidak mudah rusak seperti yang digunakan untuk sampo dan botol sabun. PVC adalah plastik fleksibel dan beracun yang tidak boleh digunakan dengan sengaja. PVC digunakan sebagai pipa saluran pembuangan, pelampung, dan mainan.

READ  Fosil udang bermata lima ditemukan, mata rantai yang hilang

Baca juga: Gunakan 300 pipa PVC sebagai elemen dekoratif

LDPE merupakan jenis plastik yang Anda kenal sebagai kantong plastik dan pembungkus makanan. PP adalah plastik yang keras dan ringan yang dapat digunakan berkali-kali sebagai kotak makan siang, tutup botol dan kemasan mentega.

PS Memang kami tahu styrofoam, tapi sebenarnya tidak boleh digunakan dalam makanan karena berbahaya bagi kesehatan. Sisanya adalah plastik yang terbuat dari bahan lain seperti kaca mata, kabel listrik, botol susu formula bayi, CD dan DVD.

Orang Torosiaje menggunakan koin selama masa pemerintahan kolonial Belanda sebagai jimat.  Cuj ini selalu hadir di setiap perayaan adat.KOMPAS.COM/RENA PASANDRE Orang Torosiaje menggunakan koin selama masa pemerintahan kolonial Belanda sebagai jimat. Cuj ini selalu hadir di setiap perayaan adat.

Logam

Laporan dari Encyclopedia BritannicaLogam adalah material dengan konduktivitas listrik dan termal yang tinggi serta memiliki reflektifitas yang tinggi.

Dalam kehidupan sehari-hari, berbagai logam dicampur untuk mendapatkan sifat baru yang lebih menguntungkan seperti baja, perunggu, dan kuningan.

Laporan dari Encyclopedia BritannicaBaja adalah campuran besi dan karbon sekitar 2%. Penambahan karbon membuat baja sangat padat dan kuat.

Baca juga: Peneliti memperkirakan 14 juta ton plastik akan mengendap di dasar laut

Baja banyak digunakan sebagai konstruktor infrastruktur karena bahan baku yang melimpah dan biaya produksi yang rendah. Kebanyakan baja dicampur dengan sedikit kromium untuk menghasilkan baja yang tahan korosi.

KOMPAS.com/SILMI Nurol Otami
tembaga

Laporan dari Encyclopedia BritannicaTembaga merupakan campuran dari mineral tembaga dan seng yang menghasilkan warna kekuningan seperti emas.

Tembaga banyak digunakan sebagai alat rumah tangga. Kandungan pada tembaga juga mampu membunuh bakteri, sehingga peralatan kuningan lebih bersih dibandingkan logam lainnya.

Ilustrasi fosil dinosaurus PsittacosaurusWIKIMEDIA COMMONS / Rauantiques Ilustrasi fosil dinosaurus Psittacosaurus

Perunggu adalah campuran 80% logam tembaga dengan timah, aluminium, mangan, atau silikon. Perunggu digunakan sebagai bahan pembuatan patung dan alat musik seperti gong dan gamelin, serta untuk medali.

READ  Astronot NASA akan dikarantina sebelum misi meluncurkan SpaceX ke stasiun luar angkasa

Baca juga: Anehnya, besi dari Zaman Perunggu muncul dari luar bumi

Perunggu memiliki sifat anti korosi, sehingga banyak digunakan sebagai baling-baling kapal laut.

Tulang dan gigi

Tulang dan giginya berwarna putih, keras dan sama-sama terbuat dari kalsium, tapi apa bedanya?

Laporan dari Ilmu KehidupanTulang terdiri dari kalsium, fosfor, natrium, mineral, dan kolagen sedangkan gigi terdiri dari kalsium fosfor, mineral, dan enamel.

Perbedaan utamanya adalah Anda dapat melihat gigi hanya dengan membuka mulut, tetapi melihat tulang Anda?

Tidak mungkin Anda bisa membuka kulit Anda. Tulang dilindungi oleh otot, daging, lemak, dan kulit, sedangkan gigi tidak dilapisi oleh lapisan email keras yang putih.

Perbedaan lainnya adalah pada tulang terdapat osteoblas dan osteoblas yang berfungsi menghasilkan tulang baru dan meregenerasi tulang yang patah atau patah.

Baca juga: Para peneliti mengungkap asal usul kalsium dalam tulang dan gigi manusia

Sedangkan gigi tidak bisa memperbaharui dirinya sendiri, sehingga kami harus pergi ke dokter gigi untuk menambal lubangnya.

We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply

MEDIABOGOR.COM AMAZON, DAS AMAZON-LOGO, AMAZONSUPPLY UND DAS AMAZONSUPPLY-LOGO SIND MARKEN VON AMAZON.COM, INC. ODER SEINE MITGLIEDER. Als AMAZON ASSOCIATE VERDIENEN WIR VERBUNDENE KOMMISSIONEN FÜR FÖRDERBARE KÄUFE. DANKE, AMAZON, DASS SIE UNS UNTERSTÜTZT HABEN, UNSERE WEBSITE-GEBÜHREN ZU ZAHLEN! ALLE PRODUKTBILDER SIND EIGENTUM VON AMAZON.COM UND SEINEN VERKÄUFERN.
Media Bogor