mediabogor.com, BOGOR – PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor sedang fokus mengerjakan relokasi pipa HDPE 18” di kawasan perbukitan cumam Kampung Bojong Koneng Desa Ciherang Pondok Kecamatan Caringin Kabupaten Bogor. Relokasi pipa menjadi upaya ampuh untuk mengindarkan jaringan perpipaan dari potensi longsor di kawasan terebut.

Sejak Minggu pagi (8/10/2017), tim gabungan dan Sub Bagian Pengaliran dan Jaringan, Sub Bagian Penanggulangan Kebocoran dan pihak rekanan bahu membahu melanjutkan pembuatan saluran dan pengelasan sambungan pipa HDPE. Batangan pipa disambungkan satu sama lain membentuk jaringan perpipaan baru yang lebih kuat dan aman, sehingga manfaatnya dapat lebih dirasakan pelanggan.

Direktur Teknik PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor Syaban Maulana mengatakan, pengerjaan relokasi sesuai rencana, yakni menggeser pipa baru menjauhi area longsor. Namun pemindahan jaringan pipa transmisi jalur sumber mata air Tangkil tersebut membutuhkan waktu mengingat kondisi medan yang perlu kehati-hatian. “Jika lubang galian sudah cukup dan pipa seluruhnya sudah masuk ke lokasi, kami akan langsung lakukan koneksi dari pipa existing (lama) ke pipa baru,” kata Syaban.

Sementara itu, dalam upaya menjaga pelayanan pelanggan di zona 1, PDAM menyusun strategi khusus dengan membuka pasokan air dari sumber mata air Tangkil. Namun pelanggan diimbau tetap menampung air melalui bak-bak penampungan mengingat sistem pengaliran di wilayah tersebut belum sepenuhnya normal.

“Petugas kami di lapangan sedang mengatur sistem pengaliran agar pasokan air ke wilayah zona 1 tetap tersedia meski volumenya belum cukup. Kami mengimbau pelanggan untuk tetap menampung air di dalam bak penampungan saat air sedang mengalir, karena sistem pengaliran kami belum normal,” kata Kepala Sub Bagian Humas dan Sosial PDAM Kota Bogor Nerry Agustina.

PDAM mengerahkan sejumlah mobil tangki untuk membantu penyediaan air bersih bagi pelanggan-pelanggan yang membutuhkan. Pelanggan yang membutuhkan mobil tangki dapat menyampaikannya melalui Call Center 24 jam PDAM di nomor 0251-8324111 dan nomor Whatsapp 08111182123. (humas dan sosial)