Proyek ITF Sampah Jakarta Lebih Mendesak Dari Stadion, Kata Anggota DPRD

Proyek ITF Sampah Jakarta Lebih Mendesak Dari Stadion, Kata Anggota DPRD

TEMPO.CO, Jakarta Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPRD) Jakarta Jamaluddin Lamanda menyayangkan keputusan Pemprov DKI Jakarta yang memprioritaskan pembangunan stadion di Jakarta International Stadium (JIS) ketimbang membangun fasilitas perawatan menengah (IT) untuk mengatasi problematika hubungan dengan limbah pengelolaan.

Lamanda berpendapat, pembangunan fasilitas penunjang olahraga bisa ditunda karena pengelolaan sampah berdampak lebih luas terhadap penghidupan penduduk ibu kota.

“Kalau ada sensus penduduk Jakarta, [I believe] ITF jauh lebih penting dari JIS,” kata Lamanda dalam rapat pengelolaan sampah, Senin, di kantor DPRD.

Secara terbuka ia menyayangkan proyek ITF Sunter yang dipimpin oleh Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Jakarta Propertindo (Jakpro) sejak 2018 ini masih jauh dari selesai meski banyak pemberitaan tentang groundbreaking proyek tersebut.

Legislator menyarankan proyek ITF ditunda hingga akhir masa jabatan Gubernur Jakarta Anies Baswedan dan menyerukan skema pendanaan baru untuk proyek tersebut setelah gubernur turun.

“Kita bisa saja mengultimatum gubernur yang masa jabatannya berakhir pada Oktober 2022, dan menghentikan proyek jika tidak ada pembangunan yang berarti. Membuat rencana baru dengan APBD kota, yang mampu [to fund the project],” kata Lamanda.

Sementara itu, anggota DPRD Partai Demokrat Ferrial Sofyan mengatakan, Gubernur baru sebaiknya melanjutkan proyek ITF sampah dengan skema APBD baru karena masa jabatan Anies Baswedan akan berakhir pada Oktober 2022.

ITF Sunter merupakan salah satu dari empat proyek ITF yang direncanakan dibangun di kota, yang bertujuan untuk mengurangi hingga 8.000 ton sampah yang dikirim ke luar kota ke kawasan terpadu. limbah fasilitas pengelolaan (TPST) Bantargebang di Bekasi.

ANTARA

Klik disini untuk mendapatkan update berita terbaru dari Tempo di Google News

READ  Virat Kohli memberikan salut pada penghargaan atas kehilangan rekannya yang tragis

We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply

MEDIABOGOR.COM AMAZON, DAS AMAZON-LOGO, AMAZONSUPPLY UND DAS AMAZONSUPPLY-LOGO SIND MARKEN VON AMAZON.COM, INC. ODER SEINE MITGLIEDER. Als AMAZON ASSOCIATE VERDIENEN WIR VERBUNDENE KOMMISSIONEN FÜR FÖRDERBARE KÄUFE. DANKE, AMAZON, DASS SIE UNS UNTERSTÜTZT HABEN, UNSERE WEBSITE-GEBÜHREN ZU ZAHLEN! ALLE PRODUKTBILDER SIND EIGENTUM VON AMAZON.COM UND SEINEN VERKÄUFERN.
Media Bogor