Qualcomm Ramaikan Persaingan Chip Gaming di Kelas Menengah

Jakarta, Selular.ID – Qualcomm bergerak untuk mencegah kemajuan dari pesaing terdekatnya, MediaTek. terutama di segmen smartphone gaming. Vendor asal Amerika Serikat tersebut memperkuat jajaran prosesor mid-range terbaru, Snapdragon 732G. Chipset ini diklaim menawarkan performa lebih cepat, grafis lebih baik, dan kemampuan AI (kecerdasan buatan) yang ditingkatkan.

Secara umum, Snapdragon 732G memiliki banyak fitur yang sama dengan pendahulunya yang berfokus pada game, Snapdragon 730G. Chipset ini diperkenalkan pada April 2019, termasuk CPU Kryo 470, GPU Adreno 618, mesin AI generasi keempat, prosesor sinyal gambar Spectra 350, dan modem X15 LTE untuk konektivitas.

Namun, Qualcomm mencatat peningkatan dibandingkan Snapdragon 732G. Seperti GPU yang 15 persen lebih cepat dari sebelumnya, dan CPU dengan kecepatan 2.3GHz dibandingkan dengan 2.2GHz dibandingkan dengan Snapdragon 730G.

Ada juga peningkatan pada mesin AI yang kini memungkinkan hingga 3,6 triliun operasi per detik (TOPS), meski vendor tidak memberikan angka TOPS dari Snapdragon 730G sebagai perbandingan.

Kehadiran Snapdragon 732, tak lepas dari upaya Qualcomm melawan agresivitas MediaTek di pasar gaming smartphone.

Vendor asal Taiwan tersebut telah merilis dua chipset baru, masing-masing Helio G25 dan Helio G35 pada Juni lalu. Keduanya fokus pada game menengah. Langkah tersebut dilakukan dalam upaya memenuhi permintaan smartphone gaming terjangkau yang semakin meningkat di segmen ini.

Dalam pernyataan resmi dari Qualcomm, merek spin-off Xiamoi Poco Global ditetapkan menjadi yang pertama meluncurkan perangkat yang ditenagai oleh Snapdragon 732G.

Menurut Sam Jiang, kepala produk di Poco Global, perusahaan yakin akan “menetapkan tolok ukur baru dalam kategori kelas menengah” dan mendefinisikan kembali “Hubungan antara harga dan kemampuan ponsel”.

More from Mahammed Shehata

Note20 Series dan Galaxy Ecosystem for Work and Games …

Memuat… Jakarta – Samsung Galaxy Note 20 Bawalah pengalaman Tindakan Dan bermain...
Read More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *