Ramos-Horta dari Timor Leste memimpin dalam pemilihan presiden – Asia dan Pasifik

Ramos-Horta dari Timor Leste memimpin dalam pemilihan presiden – Asia dan Pasifik

Kate Lamb dan Nelson Da Cruz (Reuters)

Dili ●
Rab, 20 April 2022

2022-04-20
09:30

ccf71aecb5cdd3c027711867aaba1b99
2
Asia dan Pasifik
Timor-Timur,Politik-Timor-Timur,Ramos-Horta,Presiden-Timor-Leste
Gratis

Pemimpin kemerdekaan dan peraih Nobel Jose Ramos-Horta telah memimpin dengan menentukan dalam putaran kedua dan terakhir pemilihan presiden Timor Leste, hasil awal pemungutan suara menunjukkan pada hari Rabu.

Para pemilih Timor pergi ke tempat pemungutan suara di negara setengah pulau berpenduduk 1,3 juta jiwa itu pada Selasa, memilih antara Ramos-Horta dan mantan pejuang Presiden gerilya Francisco “Lu Olo” Guterres.

Dengan hampir setengah dari suara yang dihitung, Ramos-Horta memimpin 59% sementara Lu Olo memiliki 41%, menurut data dari badan administrasi pemilihan negara (STAE).

Ramos-Horta, 72, adalah salah satu tokoh politik paling terkenal di Timor Lorosa’e dan sebelumnya menjabat sebagai perdana menteri dan kemudian sebagai presiden kedua negara itu dari 2007 hingga 2012.

Dia adalah salah satu penerima Hadiah Nobel pada tahun 1996 atas usahanya untuk membawa resolusi damai untuk konflik di Timor Timur ketika negara itu diduduki secara brutal oleh Indonesia.

Pada putaran pertama pemilihan pada bulan April, dia nyaris kehilangan suara mayoritas. Seorang akademisi Australia menghitung bahwa dia hanya membutuhkan 30.000 suara tambahan untuk mengamankan kemenangan di putaran kedua hari Selasa.

Berbicara setelah pemungutan suara di dekat rumahnya di ibukota Dili, Ramos-Horta mengatakan dia “sangat yakin” dia akan menang tetapi akan menghormati hasil akhir.

Setelah bertahun-tahun ketegangan politik antara partai-partai besar, pemilihan ini secara luas dipandang penting bagi stabilitas negara. Ramos-Horta telah menyarankan dia dapat menggunakan kekuasaan presiden untuk membubarkan dan menyerukan pemilihan awal, yang saat ini dijadwalkan untuk tahun depan.

READ  Bestes E-Bike Mittelmotor Getestet und qualifiziert

Presiden pertama Timor Lorosa’e, Xanana Gusmao, mendukung Ramos-Horta dalam pemilihan ini dan menggambarkan pemerintah saat ini sebagai “tidak sah secara konstitusional.” Lu Olo, petahana, menolak mengenakan beberapa menteri dari partai politik Gusmao dengan alasan mereka menghadapi penyelidikan hukum yang sedang berlangsung, termasuk untuk dugaan korupsi.

Presiden berikutnya akan dilantik pada 20 Mei, peringatan 20 tahun pemulihan kemerdekaan Timor Timur.


We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply

MEDIABOGOR.COM AMAZON, DAS AMAZON-LOGO, AMAZONSUPPLY UND DAS AMAZONSUPPLY-LOGO SIND MARKEN VON AMAZON.COM, INC. ODER SEINE MITGLIEDER. Als AMAZON ASSOCIATE VERDIENEN WIR VERBUNDENE KOMMISSIONEN FÜR FÖRDERBARE KÄUFE. DANKE, AMAZON, DASS SIE UNS UNTERSTÜTZT HABEN, UNSERE WEBSITE-GEBÜHREN ZU ZAHLEN! ALLE PRODUKTBILDER SIND EIGENTUM VON AMAZON.COM UND SEINEN VERKÄUFERN.
Media Bogor