Ramos-Horta terdepan dalam pemilihan Timor Leste – Asia dan Pasifik

Ramos-Horta terdepan dalam pemilihan Timor Leste – Asia dan Pasifik

Reuters

Dili, Timor Leste ●
Minggu, 20 Maret 2022

2022-03-20
19:55

22dc95a23fb944820adae5904f4468e3
2
Asia dan Pasifik
Timor-Leste,Ramos-Horta,Xanana-Gusmao,pemilihan presiden,minyak dan gas,demokrasi
Gratis

Pemimpin kemerdekaan dan peraih Nobel, Jose Ramos-Horta, dan pemimpin petahana Francisco Guterres telah muncul sebagai pelopor awal dalam Timor Listepemilihan presiden, data resmi menunjukkan.

Dengan lebih dari 33 persen suara dihitung pada Minggu sore, sehari setelah negara itu pergi ke tempat pemungutan suara, data dari Timor ListeSekretariat Teknis Penyelenggara Pemilu menunjukkan Ramos-Horta memimpin dengan 44,5 persen.

Yang terdekat berikutnya adalah presiden saat ini dan mantan pejuang perlawanan Guterres, dengan 24,1 persen, menurut administrasi pemilihan yang bertanggung jawab atas penghitungan suara resmi.

Negara termuda di Asia mengadakan pemilihan presiden kelima sejak kemerdekaan pada hari Sabtu, dengan generasi pemimpin kemerdekaan negara dan mantan pejuang mendominasi daftar 16 kandidat.

Saat mendekati dua puluh tahun kemerdekaan setelah pendudukan brutal oleh tetangga Indonesia, Timor Liste telah bergulat dengan ketidakstabilan politik dan kebutuhan untuk mendiversifikasi ekonominya yang bergantung pada minyak dan gas.

Ramos-Horta, 72, mengatakan dia merasa terdorong untuk mencalonkan diri setelah presiden petahana “melebihi kekuasaannya” dengan menolak untuk mengangkat tujuh menteri setelah pemilihan parlemen 2018.

Langkah itu memicu kebuntuan politik yang sedang berlangsung di negara berpenduduk 1,3 juta jiwa itu.

Setelah memberikan suaranya di ibukota Dili pada hari Sabtu, Guterres mengatakan dia optimis tentang peluangnya.

“Siapa pun yang berlari harus siap menang dan siap kalah,” katanya, “Tapi saya ingin mengatakan saya akan menang.”

Jika tidak ada kandidat yang memenangkan mayoritas langsung, pemungutan suara akan dilanjutkan ke putaran kedua pada 19 April antara dua kandidat teratas.

READ  Sukmawati Sukarnoputri, putri presiden pertama Indonesia, memeluk agama Hindu


We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply

MEDIABOGOR.COM AMAZON, DAS AMAZON-LOGO, AMAZONSUPPLY UND DAS AMAZONSUPPLY-LOGO SIND MARKEN VON AMAZON.COM, INC. ODER SEINE MITGLIEDER. Als AMAZON ASSOCIATE VERDIENEN WIR VERBUNDENE KOMMISSIONEN FÜR FÖRDERBARE KÄUFE. DANKE, AMAZON, DASS SIE UNS UNTERSTÜTZT HABEN, UNSERE WEBSITE-GEBÜHREN ZU ZAHLEN! ALLE PRODUKTBILDER SIND EIGENTUM VON AMAZON.COM UND SEINEN VERKÄUFERN.
Media Bogor