Rencana pembangunan ibu kota baru akan terus berlanjut setelah Jokowi menjabat

Rencana pembangunan ibu kota baru akan terus berlanjut setelah Jokowi menjabat

Jakarta (ANTARA) – Rencana pembangunan ibu kota baru disusun agar dapat terus berlanjut setelah masa kepresidenan Joko Widodo (Jokowi) berakhir pada 2024, menurut pakar Kantor Staf Presiden (KSP), Wandy Tuturoong.

UU No. 3 Tahun 2022 tentang Ibu Kota Negara menginstruksikan agar pembangunan Ibu Kota baru dilanjutkan oleh pengganti Jokowi, ujarnya.

“UU No 3 Tahun 2022 akan menjamin kelangsungan pembangunan ibu kota baru, karena presiden masa depan wajib menegakkan hukum,” kata Tuturoong dalam keterangannya yang diterima di Jakarta, Sabtu.

Pemerintah bertekad untuk melanjutkan pemindahan ibu kota yang akan menguntungkan negara dalam jangka panjang meskipun ada tantangan yang ada dan masa depan, katanya.

“Kami juga bertujuan untuk meningkatkan masa depan bangsa menuju Indonesia yang maju pada tahun 2045,” kata pakar KSP tersebut.

Tuturoong mencatat, UU Ibu Kota Negara sebagai landasan hukum telah mengatur berbagai aspek pembangunan ibu kota baru yang meliputi kewenangan ibu kota, pembangunan kota, hak atas tanah, lingkungan, mitigasi bencana, serta pertahanan dan keamanan.

“Peraturan tersebut telah memberikan dasar yang jelas bagi pembangunan ibu kota baru yang diharapkan berlanjut hingga tahun 2045,” kata pakar KSP tersebut.

Undang-undang tersebut juga telah mengatur skema pendanaan dan pengelolaan anggaran untuk pembangunan ibu kota, tambahnya.

“Undang-undang tersebut menjadi dasar bagi keberhasilan pemerintah untuk melanjutkan proses relokasi dan pembangunan ibu kota,” kata Tuturoong.

Pakar KSP menyatakan bahwa ibu kota baru akan menjadi strategi pemerintah untuk mewujudkan visi Indonesia melalui pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkeadilan dengan mempercepat pembangunan di kawasan timur Indonesia pada usia seratus tahun.

Ibu kota baru juga akan menempatkan negara di tempat yang lebih strategis antara jalur perdagangan global dan dalam hal arus investasi dan inovasi teknologi, menurut pakar.

READ  Pemindahan ibu kota menawarkan momentum untuk mendorong pemerataan pembangunan

Berita Terkait: IKN menjadi terobosan untuk mewujudkan Visi Indonesia 2045: BIN

“Ibu kota baru akan menjadi contoh bagi pengembangan kota berkelanjutan yang didukung oleh teknologi terkini,” kata Tuturoong.

Dia juga menyoroti bahwa situasi saat ini telah menciptakan momentum yang tepat untuk memindahkan ibu kota dari Jakarta ke Kalimantan Timur.

“Kita memiliki momentum yang tepat sekarang setelah pemerintah dan menyegel kesepakatan penting untuk mempercepat upaya mengurangi kesenjangan pembangunan antara Pulau Jawa dan daerah baik di luar Jawa. Saya tidak yakin kita akan memiliki momentum seperti ini lagi setelah 2024,” kata Tuturoong. .

Berita Terkait: Ketua Kewenangan IKN, Wakil Ketua Pasangan Hebat: Presiden

We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply

MEDIABOGOR.COM AMAZON, DAS AMAZON-LOGO, AMAZONSUPPLY UND DAS AMAZONSUPPLY-LOGO SIND MARKEN VON AMAZON.COM, INC. ODER SEINE MITGLIEDER. Als AMAZON ASSOCIATE VERDIENEN WIR VERBUNDENE KOMMISSIONEN FÜR FÖRDERBARE KÄUFE. DANKE, AMAZON, DASS SIE UNS UNTERSTÜTZT HABEN, UNSERE WEBSITE-GEBÜHREN ZU ZAHLEN! ALLE PRODUKTBILDER SIND EIGENTUM VON AMAZON.COM UND SEINEN VERKÄUFERN.
Media Bogor