RI dan Israel ternyata memang memiliki hubungan yang erat, berikut buktinya

Jakarta, CNBC Indonesia – Baru-baru ini muncul kabar tentang negosiasi normalisasi hubungan antara Israel dan Indonesia di bawah naungan Amerika Serikat. Amerika Serikat berjanji akan memberikan miliaran uang kepada Indonesia. Namun, Israel dan Indonesia sudah dekat di sisi komersial.

Kabar normalisasi pertama kali muncul dari sumber diplomatik Israel, seperti diberitakan Zaman Israel Dari Channel 12 pada Minggu (13/12/2020) kemarin. Kabar berikut secara eksplisit menyebutkan janji milyaran dollar AS yang bisa dinikmati pemerintah jika dilakukan normalisasi.

Bloomberg Saya sebutkan Presiden AS Donald Trump menjanjikan tambahan dana dengan soft benefit jika pemerintahan Jokowi santai dan siap bergabung dengan empat negara mayoritas Muslim di kawasan Arab dan Afrika yang sudah menormalisasi hubungan.


Media mengutip Adam Buehler, kepala eksekutif US International Development Finance Corporation (DFC). Dia mengatakan dalam wawancara di Hotel King David di Yerusalem, Senin (21/12/2020), bahwa dia bisa menggandakan portofolio $ 1 miliar jika Indonesia menormalkan atau menerima kedaulatan Israel.

Namun juru bicara Kementerian Luar Negeri Toko Faizasyah mengatakan pihaknya tidak pernah melakukan kontak dengan Israel. Pemerintah Indonesia sejauh ini telah menegaskan dengan tegas bahwa tidak ada pengakuan atas kedaulatan Israel jika tidak ada pengakuan atas kedaulatan Palestina.

Teoku berkata dalam pesan singkat kepada CNBC Indonesia Senin (14/12/2020).

Selama masa jabatan Presiden Jokowi, Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu memperkenalkan pidato normalisasi sejak 2016. Ia melihat “banyak peluang untuk kerja sama bilateral” dan mengatakan bahwa alasan menghalangi hubungan kedua negara ini tidak relevan.

Namun karena syarat terkait kemerdekaan Palestina belum terpenuhi, Indonesia menolak tawaran tersebut dan membuka Konsul Kehormatan Indonesia (Konhor) pertama untuk Palestina, Maha Abu Shusha.

Otoritas Israel mencegah rombongan Menlu RI Retno Marsodi memasuki wilayah Palestina untuk melakukan pembukaan, sehingga pembukaan dipindahkan ke kota Amman, Yordania. Pada 2017, Indonesia merespons dengan mencegah pesawat Israel yang membawa Netanyahu memasuki wilayah Indonesia selama kunjungannya ke Australia.

Pada 2018, Israel merespons dengan mencegah WNI memasuki Israel untuk tujuan ziarah dan pariwisata. Aturan ini berlaku sampai sekarang.

READ  Semua musim dingin Nepal pertama kali di K2

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *