Riza Patria: Pemprov DKI Dukung Pemindahan Ibu Kota

Riza Patria: Pemprov DKI Dukung Pemindahan Ibu Kota

TEMPO.CO, JakartaWakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria membenarkan bahwa pemerintah provinsi mendukung pemindahan ibu kota negara ke Kalimantan Timur. Ia yakin Jakarta akan lebih baik setelah tidak lagi berstatus sebagai ibu kota.

“Kami sangat mendukung kebijakan pemindahan ibu kota. Kami melihat pemindahan ibu kota dari Jakarta ke Nusantara adalah niat baik pemerintah pusat yang harus kita apresiasi dan dukung,” kata Riza saat diskusi tentang ibu kota negara di Jakarta, Jumat, 4 Februari 2022.

Menurut Riza, Jakarta akan terus berkembang meski ibu kota negara akan dipindahkan ke Kalimantan timur karena kota ini memiliki beban ekonomi yang sangat besar dan Jakarta akan tetap menjadi urat nadi perekonomian negara.

“Kami tegaskan Jakarta akan baik-baik saja, dan bahkan lebih baik lagi setelah tidak lagi menjadi ibu kota. Kami akan terus melakukan program pembangunan yang direncanakan,” tambah Riza.

Politisi Gerindra itu berargumen dengan menjamin keberlangsungan pembangunan di Jakarta, kawasan istimewa itu akan terus berkembang menjadi kota unggulan di Nusantara sekaligus kota metropolitan global seperti New York Amerika Serikat.

“Jadi Jakarta akan tetap menjadi kota besar, pusat ekonomi dan bisnis dunia,” yakin Riza.

Pada Selasa, 18 Januari 2022, Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) menyetujui RUU tentang Ibu Kota Negara untuk disahkan menjadi Undang-Undang tentang Ibu Kota Negara atau UU IKN. Persetujuan tersebut berarti pemerintah telah mendapatkan legalitas untuk membangun ibu kota baru di Kalimantan Timur yang akan dilakukan secara bertahap hingga tahun 2045.

Namun, sejumlah unsur yang tergabung dalam kelompok bernama Poros Nasional Kedaulatan Negara mengajukan permohonan uji materil ke Mahkamah Konstitusi (MK).

ANTARA

We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply

MEDIABOGOR.COM AMAZON, DAS AMAZON-LOGO, AMAZONSUPPLY UND DAS AMAZONSUPPLY-LOGO SIND MARKEN VON AMAZON.COM, INC. ODER SEINE MITGLIEDER. Als AMAZON ASSOCIATE VERDIENEN WIR VERBUNDENE KOMMISSIONEN FÜR FÖRDERBARE KÄUFE. DANKE, AMAZON, DASS SIE UNS UNTERSTÜTZT HABEN, UNSERE WEBSITE-GEBÜHREN ZU ZAHLEN! ALLE PRODUKTBILDER SIND EIGENTUM VON AMAZON.COM UND SEINEN VERKÄUFERN.
Media Bogor