Road map Kementerian BUMN menargetkan perusahaan negara terkonsolidasi menjadi 30

Road map Kementerian BUMN menargetkan perusahaan negara terkonsolidasi menjadi 30

Jakarta (ANTARA) – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengatakan roadmap konsolidasi BUMN periode 2024-2034 menargetkan jumlah BUMN yang sudah ada akan berkonsolidasi menjadi 30.

“Road map kita periode 2024-2034 menargetkan hanya 30 perusahaan negara. Dengan klaster perusahaan 12, perusahaan hanya akan menjadi 30,” kata Thohir dalam jumpa pers di Jakarta, Senin.

Menkeu mengatakan, keputusan konsolidasi BUMN menjadi 30 perusahaan bertujuan untuk mengembangkan BUMN sebagai benteng perekonomian nasional dan menghindari monopoli pemerintah yang berlebihan di terlalu banyak sektor ekonomi.

“Ekosistem ini akan kita bangun bersama dengan UMKM, BUMD, dan swasta. Jika terjadi situasi yang luar biasa, BUMN sebagai penopang perekonomian nasional bisa melakukan intervensi,” ujar Menkeu.

Sedangkan roadmap konsolidasi yang sama menargetkan pengembangan BUMN sebagai perusahaan kelas dunia untuk mendukung perekonomian nasional, ujarnya.

Sebelumnya, Menkeu menegaskan, transformasi BUMN yang dilakukan untuk memperbaiki dan meningkatkan kinerja BUMN akan terus berlanjut meski terjadi suksesi kepemimpinan pada 2024.

Transformasi BUMN berhasil menepis persepsi negatif publik yang menganggap BUMN korup. Laba konsolidasi BUMN pada 2021 sebesar Rp124,7 triliun meningkat menjadi Rp155 triliun pada September 2022, membuktikan kemampuan mereka untuk bersaing secara ekonomi, ujarnya.

Thohir menegaskan, pihaknya akan terus melakukan terobosan-terobosan lain, di antaranya dengan mengkonsolidasikan sejumlah besar perusahaan negara menjadi hanya 30 perusahaan guna mewujudkan perusahaan yang sehat dan andal bagi pembangunan nasional.

Melalui transformasi untuk mengembangkan BUMN yang tangguh, mereka dapat menjadi benteng perekonomian nasional untuk menghilangkan ketimpangan pertumbuhan ekonomi dan mewujudkan ekonomi kerakyatan, ujarnya.

Berita Terkait: Holding BUMN mengembangkan situs e-commerce untuk produk kesehatan
Berita Terkait: Progres transformasi BUMN mencapai 80 persen: Menteri BUMN

READ  Tragis! Tiga Harimau Sumatera yang Terancam Punah Dibunuh di Indonesia

We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply

MEDIABOGOR.COM AMAZON, DAS AMAZON-LOGO, AMAZONSUPPLY UND DAS AMAZONSUPPLY-LOGO SIND MARKEN VON AMAZON.COM, INC. ODER SEINE MITGLIEDER. Als AMAZON ASSOCIATE VERDIENEN WIR VERBUNDENE KOMMISSIONEN FÜR FÖRDERBARE KÄUFE. DANKE, AMAZON, DASS SIE UNS UNTERSTÜTZT HABEN, UNSERE WEBSITE-GEBÜHREN ZU ZAHLEN! ALLE PRODUKTBILDER SIND EIGENTUM VON AMAZON.COM UND SEINEN VERKÄUFERN.
Media Bogor