Sebersy Bangun Sekolah Bersama di Kampung Ceger

Sebersy Bangun Sekolah Bersama di Kampung Ceger

MediaBogor.com, Bogor- Sekolah Bersama Yuk merupakan kepanjangan dari Sebersy yang menjadi ‘sekolah bersama’ bagi anak-anak di Desa Ceger. Kegiatan ini dibuat untuk mewadahi anak-anak yang ingin bersekolah maupun yang sudah bersekolah tetapi ingin dibekali dengan akhlak yang lebih baik.

Berawal dari pendiri yang bernama Bima Prasetyo Hadi melihat anak-anak di Desa Ceger yang seharusnya mendapatkan pelajaran yang baik dan mereka juga mempunyai bakat, maka Kang Bima ingin memberikan pembelajaran kepada anak2 secara gratis.

Dikatakan Ketua Sebersy nafis bahwa Sebersy merupakan komunitas yang memiliki rasa kekeluargaan erat seperti keluarga ke 2 dan bergabung dengan sebersy memberikannya banyak ilmu tambahan terutama ilmu tentang budaya dan bahasa.

Nafis menambahkan, rangkaian kegiatan sebersy yaitu; Agama (Senin) kegiatan ini menyangkut mengenai akhlak, tatacara solat, dan berwudhu. Edutainment (Selasa) dengan kegiatan menonton film barat dan diterjemahkan bersama-sama ke dalam bahasa Indonesia. English Club (Kamis) dengan kegiatan praktek berupa obrolan satu topik dengan berbeda tema seperti story telling, reading dan spelling. Kuliner (Jumat) seperti membuat masakan lalu menjualnya ke lingkungan sekitar desa Ceger.

Sebersy memiliki kelas yang terklasifikasi rapi dengan dua kelas wajib yaitu kelas Agama dan klub bahasa inggris. Mengapa harus english dan agama? karena dengan diberikannya pembelajaran bahasa Inggris pada peserta maka akan membiasakan peserta untuk dapat berbahasa asing sehingga tidak terlalu kaku saat mendengar bahasa inggris, ataupun dengan agama kelas ini pun menjadi wajib karna seperti kita tahu bahwa agama adalah dasar yang seharusnya menjadi kekuatan bagi manusia apalagi untuk anak usia dini dan remaja.

Pengurus serta volunteer Sebersy sebanyak 35 orang. Dengan jumlah pengurus 17 orang (koordinator kelas), dan jumlah anak didik 20-25 orang. “Cara bergabung menjadi volunteer pun sangat mudah hanya dengan datang langsung ke basecamp Sabersy di kampung Ceger dan meminta izin mengikuti kegiatan pada ibu RT setempat dan pada pengurus dari Sebersy sendiri,” imbuhnya.