Sebuah video mengerikan menunjukkan momen sambaran petir pada seorang pria saat badai

Sebuah video mengerikan menunjukkan momen sambaran petir pada seorang pria saat badai
Para ahli memperkirakan bahwa kemungkinan tersambar petir dalam hidup seseorang sangat rendah – sekitar satu dari 15.300 Foto oleh Ismail Mohamed/UPI | gambar lisensi

3 Januari – Seorang penjaga keamanan di Indonesia beruntung masih hidup setelah lolos dari sambaran petir bulan lalu.

Abdul Rashid, 35, sedang berpatroli ketika hujan turun di sebuah gudang di kota pesisir Silinsing di Jakarta Utara, Indonesia, pada 20 Desember. Saat Rosed sedang berjalan, payungnya tersambar petir.

Rekaman CCTV menangkap momen petir menyambar payung yang dibawa Rose. Petir itu langsung menguapkan parasut dan menciptakan ledakan bunga api, menyebabkan Rose jatuh ke tanah. Rekaman kecelakaan dapat dilihat di bagian atas cerita ini dan mungkin sulit untuk ditonton.

Foto-foto ini menunjukkan penjaga keamanan beberapa detik sebelum serangan dan saat dia disambar petir. Foto oleh Newsflare

Penjaga keamanan terbaring tak bergerak setelah keterkejutannya ketika rekan kerjanya bergegas ke sisinya dan membawanya ke rumah sakit terdekat di mana dia dirawat karena luka bakar di tangan yang memegang payung. Hebatnya, dia diberhentikan setelah hanya empat hari.

Kecelakaan itu menghasilkan mitos populer yang memperingatkan bahwa memegang payung menarik petir. Seperti yang dijelaskan dalam artikel yang saya terbitkan sangat sederhana, yang menyanggah mitos tersebut dengan bantuan ahli meteorologi dan pakar keselamatan petir National Weather Service John Jensenius, logam tersebut tidak menarik petir, tetapi dapat menghantarkan petir.

Pelepasan listrik dari awan dapat berjalan melalui batang logam payung, melepaskan arus listrik dari orang yang membawanya.

Sebagaimana dinyatakan dalam Real Simple, “Logam tidak menarik sambaran petir. Bahkan penangkal petir tidak menarik, ia hanya dapat menghantarkan petir, jika sambaran petir terjadi di dekatnya. Orang yang meledak sambil memegang tongkat golf atau mendengarkan iPod di tempat yang salah pada waktu yang salah”.

READ  Vivo Konfirmasi Kehadiran Perangkat V Sequence Terbaru | RADAR BOGOR

Petir disebabkan oleh ketidakseimbangan listrik antara awan dan tanah. Sekitar 100 lonjakan awan-ke-bumi menghantam tanah setiap detik, dengan setiap lonjakan berisi hingga satu miliar volt listrik.

Risiko sambaran petir tergantung pada banyak faktor, termasuk di mana orang tersebut berada saat terkena benturan atau bahkan jumlah air yang mengenai kulit orang tersebut. Saat petir menyambar seseorang, sebagian besar arus menyambar melalui permukaan kulit orang tersebut, dengan hanya sebagian kecil yang masuk ke tubuh orang tersebut.

“Ini adalah energi yang sangat besar sehingga tidak semuanya dapat melewati seseorang,” Jensenius Beri tahu AccuWeather sebelumnya. “Ini seperti mengambil seember galon air dan mencoba menuangkan semuanya melalui sedotan dalam tiga detik.”

Risiko sebenarnya tersambar petir dianggap sangat rendah, dengan kemungkinan 1 dari 15.300 orang akan tersambar petir dalam hidup mereka (diperkirakan sekitar 80 tahun), menurut NWS. Para ahli merekomendasikan untuk tetap waspada dan mengambil tindakan pencegahan keselamatan yang tepat saat petir menjadi bahaya di daerah Anda.

Siluet menara masjid menghadap ke langit saat matahari terbenam di Gaza selatan pada 4 Desember 2021. Foto oleh Ismail Mohamed/UBI | gambar lisensi

We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply

MEDIABOGOR.COM AMAZON, DAS AMAZON-LOGO, AMAZONSUPPLY UND DAS AMAZONSUPPLY-LOGO SIND MARKEN VON AMAZON.COM, INC. ODER SEINE MITGLIEDER. Als AMAZON ASSOCIATE VERDIENEN WIR VERBUNDENE KOMMISSIONEN FÜR FÖRDERBARE KÄUFE. DANKE, AMAZON, DASS SIE UNS UNTERSTÜTZT HABEN, UNSERE WEBSITE-GEBÜHREN ZU ZAHLEN! ALLE PRODUKTBILDER SIND EIGENTUM VON AMAZON.COM UND SEINEN VERKÄUFERN.
Media Bogor