Sekda: P2WKSS Bukan Soal Lomba, Tapi Keberlangsungan Pembinaan Keluarga

Sekda: P2WKSS Bukan Soal Lomba, Tapi Keberlangsungan Pembinaan Keluarga

Mediabogor.com, BOGOR – Sekretaris Daerah Kota Bogor Ade Sarip Hidayat menerima kunjungan tim evaluasi lomba program terpadu Peningkatan Peranan Wanita Menuju Keluarga Sehat Sejahtera (P2WKSS) tingkat Provinsi Jawa Barat di aula masjid Al-Ikhlas RW 03, Sukaresmi Kecamatan Tanah Sareal, Kota Bogor, Kamis (13/9/18).

Menurut Ade, program P2WKSS ini diharapkan dapat membangkitkan motivasi dan semangat untuk terus meningkatkan peran serta perempuan di berbagai aspek pembangunan, terutama dalam perannya mewujudkan keluarga berkualitas.

“Kota Bogor diwakili oleh Kelurahan Sukaresmi, Tanah Sareal. Dalam pelaksanaannya P2WKSS tidak hanya melibatkan perangkat daerah dilingkungan Pemerintah Kota Bogor, tetapi juga organisasi kemasyarakatan, dunia usaha, dan lembaga swadaya masyarakat,” ungkap Ade.

Sementara itu, hampir semua perangkat daerah harus ikut ambil bagian dalam program P2WKSS. Mulai dari Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan, Dinas Sosial, Kecamatan, Bagian Humas, TP PKK Kota Bogor dan perangkat daerah lainnya.

“Kota Bogor memiliki rekam jejak yang baik dalam hal pencapaian prestasi P2WKSS di tingkat Jawa Barat. Kelurahan-kelurahan yang menjadi wakil Kota Bogor dalam lomba P2WKSS mampu berbicara banyak di level provinsi. Bahkan beberapa di antaranya sukses menorehkan prestasi di tingkat nasional. Hal ini perlu diapresiasi sebagai sebuah motivasi tambahan bagi lokasi P2WKSS sekarang untuk melakukan yang terbaik, sehingga mampu menyamai atau bahkan meningkatkan prestasi yang sudah dicapai kelurahan lokasi P2WKSS sebelumnya,” terang Ade.

Namun, kata dia, ada yang jauh lebih penting dari sekedar melihat hasil akhir lomba yaitu soal keberlanjutan pembinaan pasca lomba. “Sudah sejauh mana kelurahan-kelurahan yang telah mencapai prestasi bagus di tingkat kota, provinsi, dan nasional ini mampu mempertahankan hasil lomba dan bahkan mampu melakukan duplikasi di wilayah wilayah lain di kelurahannya agar kesuksesan lomba P2WKSS mampu dirasakan di wilayah lain yang tidak menjadi bagian lomba P2WKSS,” jelasnya.

Oleh karena itu, Pemerintah Kota Bogor selalu mendorong Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Perlindungan Perempuan, dan Anak (DPMPPA) untuk melakukan pendataan secara menyeluruh terkait keberlanjutan hasil keikutsertaan lomba P2WKSS di kelurahan-kelurahan.

“Satu hal yang pasti, pada setiap perlombaan yakinkan bahwa tujuan utamanya adalah bukan tentang kemenangannya, tetapi tentang sejauh mana upaya kita mempersiapkan keikutsertaan pada lomba dan mampu memberíkan manfaat dalam jangka panjang untuk warga. Kami berharap program Terpadu P2WKSS di kelurahan Sukaresmi dapat menjadi yang terbaik di tingkat Provinsi Jawa Barat tahun 2018,” pungkasnya.