Sekitar 1.750 orang yang terlibat menangani dampak banjir bandang Batu

Sekitar 1.750 orang yang terlibat menangani dampak banjir bandang Batu

Kota Batu, I Jawa (Antara) – Sebanyak 1.750 personel gabungan termasuk relawan dikerahkan untuk membantu mengatasi dampak banjir yang melanda enam kabupaten di Kota Batu, Provinsi Jawa Timur.

Wakil Wali Kota Batu Bongol Santoso mengatakan di sini, Sabtu, personel gabungan yang dikerahkan sedang mengangkut sisa puing dan material yang musnah akibat bencana.

Santoso, Ketua Tim Tanggap Darurat Banjir Bandang Batu, melaporkan tim gabungan itu terdiri dari 750 personel TNI, 450 personel Polri, dan 40 personel dari Satpol PP.

Selain itu, 60 pegawai berasal dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), 50 pegawai dari Unit Tanggap Darurat (Tagana), 20 pegawai dari Forum Penanggulangan Risiko Bencana (FPRB), dan sekitar 180 relawan juga turut ambil bagian dalam kegiatan ini. .usaha.

“Kami akan terus melakukan dekontaminasi material dan memperbaiki kerusakannya,” tegas Santoso.

Apalagi, dia mensinyalir banyak ruas jalan yang sebelumnya terputus akibat lumpur tebal, dibuka untuk memudahkan pergerakan kendaraan.

Bencana yang melanda kota Batu pada hari Kamis sekitar pukul 14.00 WIB menyebabkan kerusakan yang cukup luas di beberapa lokasi di kota maupun di sekitarnya yaitu Kota Malang.

Enam desa hancur di kota Batu – Sidomulio, Polokerto, Semper Brantas, Bumiji, Tolongrego dan Ponten.

Sementara itu, di Kota Malang, Kecamatan Jatimulu, Kampung Putih, Semaan dan Kota Lama terkena dampak bencana.

Menurut Wakil Wali Kota Batu dan BBBD Kota Malang, banjir bandang merenggut tujuh nyawa di Kota Batu, membuat ratusan warga mengungsi dan menghancurkan ratusan rumah di kedua kota tersebut.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melaporkan bahwa bencana itu disebabkan oleh hujan deras 80,3 mm, yang menenggelamkan air sedalam sekitar 90 cm untuk menenggelamkan rumah-rumah.

READ  Bestes Eco Cosmetics Sonnencreme Getestet und qualifiziert

BMKG memprakirakan kondisi cuaca buruk hingga sepekan ke depan di wilayah Jawa Timur.

Berita Terkait: Hujan deras picu banjir bandang di Batu: BMKG
Berita Terkait: Ratusan warga Malang dievakuasi pasca banjir bandang di Batu
Berita Terkait: Korban tewas akibat banjir bandang Batu telah meningkat menjadi lima

We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply

MEDIABOGOR.COM AMAZON, DAS AMAZON-LOGO, AMAZONSUPPLY UND DAS AMAZONSUPPLY-LOGO SIND MARKEN VON AMAZON.COM, INC. ODER SEINE MITGLIEDER. Als AMAZON ASSOCIATE VERDIENEN WIR VERBUNDENE KOMMISSIONEN FÜR FÖRDERBARE KÄUFE. DANKE, AMAZON, DASS SIE UNS UNTERSTÜTZT HABEN, UNSERE WEBSITE-GEBÜHREN ZU ZAHLEN! ALLE PRODUKTBILDER SIND EIGENTUM VON AMAZON.COM UND SEINEN VERKÄUFERN.
Media Bogor