Sherpa Meeting G20 membawa delegasi lebih dekat dengan budaya Indonesia

Sherpa Meeting G20 membawa delegasi lebih dekat dengan budaya Indonesia

Jakarta (ANTARA) – Pertemuan Sherpa Kepresidenan G20 Indonesia menjadi momentum untuk memperkaya delegasi dengan kekayaan dan keragaman budaya dan sejarah nusantara.

Salah satu tujuan tersebut tercapai pada Sherpa Meeting ke-3 yang diakhiri dengan site visit ke Candi Borobudur, Pusat Ekonomi Desa (Balkondes), dan Candi Mendut.

Berdasarkan keterangan resmi Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian di Jakarta, Sabtu, seluruh delegasi dan perwakilan lembaga internasional serta pemerhati pusaka diundang untuk mendapatkan pemahaman yang luas tentang budaya dan situs kejayaan masa lalu Indonesia.

Kunjungan pada Kamis (29/9) ini diawali dengan menikmati suasana pagi di Candi Borobudur sambil memaparkan sejarah terkait pendirian candi tersebut.

Usai berkeliling melihat keindahan Candi Borobudur dan sarapan pagi, seluruh anggota rombongan diajak mengunjungi Balkondes Karangrejo dan Balkondes Ngadiharjo.

Dalam suasana yang penuh dengan kedekatan, perjalanan dari Candi Borobudur menuju Balkondes ditempuh dengan menaiki kendaraan wisata Volkswagen Safari.

Berita Terkait: Tokoh Agama Dunia Diharapkan Hadiri Bali R20 Forum: PBNU

Pusat Ekonomi Desa (Balkondes) merupakan program yang digagas Kementerian BUMN dengan menyasar desa-desa yang berpotensi meningkatkan perekonomian desa.

Balkondes bertujuan untuk meningkatkan peluang pariwisata dan membuka peluang pertunjukan budaya serta meningkatkan ekonomi dan kesempatan kerja bagi penduduk setempat.

Pelaku UMKM lokal menjadi bagian dari kegiatan terkait kunjungan delegasi dengan menjual berbagai produk, sehingga dapat mengangkat branding produk lokal di kancah internasional.

Para peserta juga diajak untuk mencoba berbagai kegiatan, seperti gerabah, membatik, dan bermain gamelan.

Sebelum mengakhiri kunjungan, seluruh anggota rombongan diajak untuk menikmati peninggalan sejarah Candi Mendut.

Candi Mendut adalah candi Budha yang dibangun pada abad ke-9 dan merupakan salah satu dari tiga candi di Magelang: Borobudur, Pawon dan Mendut.

READ  Seorang ahli mengkritik dukungan dekorasi untuk Palestina di Jakarta

Setelah kunjungan lapangan ini, para delegasi diharapkan disegarkan untuk menghadiri Pertemuan Sherpa ke-4 dan KTT G20 di Bali pada bulan November.

Berita Terkait: Penampilan Sasando Pikat Delegasi Pertemuan Sherpa G20 ke-2

We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply

MEDIABOGOR.COM AMAZON, DAS AMAZON-LOGO, AMAZONSUPPLY UND DAS AMAZONSUPPLY-LOGO SIND MARKEN VON AMAZON.COM, INC. ODER SEINE MITGLIEDER. Als AMAZON ASSOCIATE VERDIENEN WIR VERBUNDENE KOMMISSIONEN FÜR FÖRDERBARE KÄUFE. DANKE, AMAZON, DASS SIE UNS UNTERSTÜTZT HABEN, UNSERE WEBSITE-GEBÜHREN ZU ZAHLEN! ALLE PRODUKTBILDER SIND EIGENTUM VON AMAZON.COM UND SEINEN VERKÄUFERN.
Media Bogor