SIG menggunakan energi terbarukan untuk mendukung tujuan bersih-nol karbon

SIG menggunakan energi terbarukan untuk mendukung tujuan bersih-nol karbon

Kami memiliki proyek percontohan untuk menyelesaikan pemasangan panel surya 10 kilowatt (kW) di sejumlah pabrik…

Jakarta (ANTARA) – PT Semen Indonesia (SIG) menyatakan mendukung upaya pemerintah mewujudkan emisi karbon nol netto pada 2060 melalui penggunaan energi baru dan terbarukan (EBT).

“Sejak tahun 2021, kami telah melakukan beberapa program sebagai bagian dari SIG Sustainability Initiatives untuk mendukung pengurangan emisi karbon,” kata Corporate Secretary SIG Vita Mahreyni dalam keterangannya yang dirilis di Jakarta, Sabtu.

Inisiatif tersebut antara lain mengurangi faktor klinker, meningkatkan penggunaan bahan bakar alternatif, serta meningkatkan efisiensi energi listrik dan panas, ujarnya.

Selain itu, perusahaan juga mengintensifkan pemanfaatan energi terbarukan dengan memasang panel surya, ujarnya.

Komitmen SIG dalam mewujudkan Program 2060 Carbon Neutral telah ditegaskan dengan penandatanganan MoU kerjasama dengan Badan Klasifikasi Milik Negara (BUMN) kapal berbendera Indonesia PT Biro Klasifikasi Indonesia pada 2 Februari 2022, tambahnya.

Berita Terkait: Libatkan sektor kehutanan untuk mencapai emisi nol bersih: peneliti

Penandatanganan MoU dilakukan oleh Dirut SIG Donny Arsal dan Dirut BKI Rudiyanto, serta disaksikan oleh Wakil Menteri Pertama Badan Usaha Milik Negara, Pahala Nugraha Mansury, kata Mahreyni.

“Kami telah menyelesaikan pilot project pemasangan panel surya 10 kilowatt (kW) di sejumlah pembangkit, seperti di Group Head of Plant Operation (GHoPO) di kompleks pabrik Tuban, lokasi produksi Semen Padang, dan Semen Tonasa. lokasi manufaktur,” sekretaris perusahaan SIG memberi tahu.

Panel surya telah beroperasi dengan baik dan menghasilkan energi listrik untuk menjalankan peralatan pabrik di setiap lokasi, katanya.

Selain itu, perusahaan juga melakukan pengendalian emisi yang dihasilkan selama proses produksi melalui penggunaan teknologi electrostatic precipitator system, conditioning tower, dan bag filter di lokasi pabrik untuk mengelola emisi debu, ungkapnya.

READ  2.410 TNI, Perwira Polri Amankan Kunjungan Jokowi ke NTT

SIG juga memanfaatkan teknologi waste heat recovery power generation (WHRPG), yang mengubah gas buang dari proses pembakaran menjadi energi panas terbarukan di lokasi pabrik Tuban dan Indarung, ujarnya.

“Selain itu, kami mengolah sampah yang dikumpulkan dari kota-kota terdekat menjadi bahan bakar turunan (RDF) sebagai pengganti batubara di lokasi pabrik Narogong dan Cilacap sebagai solusi pengelolaan lingkungan masyarakat yang lebih baik,” tambah Mahreyni.
Berita Terkait: Menteri menguraikan strategi untuk memenuhi target netral karbon pada tahun 2060

We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply

MEDIABOGOR.COM AMAZON, DAS AMAZON-LOGO, AMAZONSUPPLY UND DAS AMAZONSUPPLY-LOGO SIND MARKEN VON AMAZON.COM, INC. ODER SEINE MITGLIEDER. Als AMAZON ASSOCIATE VERDIENEN WIR VERBUNDENE KOMMISSIONEN FÜR FÖRDERBARE KÄUFE. DANKE, AMAZON, DASS SIE UNS UNTERSTÜTZT HABEN, UNSERE WEBSITE-GEBÜHREN ZU ZAHLEN! ALLE PRODUKTBILDER SIND EIGENTUM VON AMAZON.COM UND SEINEN VERKÄUFERN.
Media Bogor