Siswa Khoiru Ummah Gelar Bazar Murah di Market Day KU, Didik Siswa Etika Jual Beli Yang Baik dan Halal

mediabogor.com, Bogor – Puluhan siswa SD Khoiru Ummah menggelar bazar murah di kegiatan Market Day yang diselenggarakan Khoiru Ummah di halaman sekolah yang berlokasi di Tanah Baru, Bogor Utara, Selasa (12/3/19). Kegiatan ini, digelar untuk mengedukasi siswa secara langsung tentang tata cara jual beli yang baik dan benar.

Owner Khoiru Ummah, Emmi Khairani mengatakan, kegiatan Market Day ini, minimalnya dilangsungkan setahun sekali sebagai bentuk implementasi dari berbagai macam mata pelajaran yang diajarkan.

Diharapkan pembelajaran sejak dini ini, para siswa mampu secara mandiri menguasai proses jual beli mulai dari menentukan barang yang dijual, modal, patokan harga, hingga tempat untuk berjualan.

Tidak hanya itu, para siswa juga diajarkan barang apa saja yang boleh dijual secara halal termasuk bagaimana caranya menghargai sesama penjual dalam adab Islam tanpa menjelekan penjual yang lain.

“Di sini kita implementasikan dari berbagai macam mata pelajaran dalam satu kegiatan. Mereka diajarkan menghitung harga modal hingga keuntungan, tutur bahasa yang baik dalam mempromosikan barang dagangan serta memahami sains untuk pemeliharaan tanaman dan hewan peliharaan yang dijual,” jelasnya.

Masih kata Emmi, di Market Day ini, berbagai macam produk yang dijual mulai dari tumbuhan, hewan peliharaan, jajanan hingga sembako. Tapi sebelumnya mereka diajarkan apa yang boleh dijual dan beli. Tentunya barang yang halal.

Menurut Emmi, kegiatan secara langsung ini, dipercaya lebih efektif di karenakan mudah diingat dan menumbuhkan keberanian para siswa. Meskipun para siswa ditemani oleh orang tuanya.

Emmi menambahkan, untuk tahun pertama dan kedua atau siswa kelas 1 dan 2 hanya baru diajarkan dalam bentuk praktik membeli, belum masuk ke proses berjualan. Di samping itu, masyarakat setempat pun turut serta menjadi pembeli guna menumbuhkan keberanian siswa berjualan.

“Jadi, di acara Market Day ini, para siswa dan orang tuanya turut menyumbangkan sembako untuk dijual dengan harga murah kepada masyarakat yang mana uang penghasilan tersebut akan didonasikan untuk kegiatan sosial di bulan Ramadan nanti. Inti dari kegiatan tersebut adalah belajar beramal sholeh dalam jual beli,” pungkasnya. (*di)