Sorotan: Dari mana sebenarnya pendapatan pemerintah Thailand? Semua halaman

Sorotan: Dari mana sebenarnya pendapatan pemerintah Thailand?  Semua halaman

Bangkok, KOMPAS.comRaja ThailandDan Maha VajiralongkornSering disebut sebagai salah satu raja terkaya di dunia.

Sebelum penobatannya sebagai Raja Rama X tahun 2019, putra mahkota, ia telah membangun reputasi untuk hedonisme saat bepergian dunia, sangat berbeda dari ayahnya yang dicintai oleh bangsanya.

Ayahnya terkesan hemat meski tetap menyimpan kekayaannya

Baca juga: Rayakan ulang tahun ayah, raja Thailand mengampuni 30 ribu tahanan

Betapa kaya Pemerintah Thailand Ini telah menarik perhatian nasional dalam beberapa pekan terakhir, setelah pengunjuk rasa melanggar undang-undang untuk tidak meminta pertanggungjawaban kerajaan atau menghina mereka.

Para pengunjuk rasa ingin mereformasi monarki, termasuk lebih banyak kendali atas keuangan kerajaan.

Berapa nilai sebuah properti di Thailand?

Tidak ada yang bisa mengatakan dengan pasti untuk tidak mempublikasikan nomor apapun.

Pada bulan Mei, laporan dari kantor berita Jerman Gelombang Jerman Dia mengatakan angkanya berkisar antara 30 hingga 60 miliar dolar AS atau sekitar 424 triliun rupee dan 848 triliun rupee.

Beberapa kantor berita lainnya, termasuk Reuters, menempatkan perkiraan minimal $ 40,7 miliar atau sekitar 565 triliun rupee.

Baca juga: Sekilas tentang Senenat, gundik Raja Thailand yang seksualitasnya telah bocor ke publik

Jumlah tersebut berasal dari perkiraan Forbes 2009, menurut Andrew MacGregor Marshall, mantan kepala biro Reuters Bangkok Yang telah dilarang memasuki Thailand sejak 2011.

untuk saya ABCDia mengatakan jumlah kekayaan yang dia sebutkan sekarang tidak akurat dan ketinggalan zaman.

Andrew berkata: “Tapi sejak itu, kami memiliki pakar akademis yang telah melakukan penelitian nyata secara mendetail, jadi ada perkiraan bahwa lebih dari $ 30 miliar sangatlah kecil.”

Kekayaan Thailand kerajaan diperkirakan tidak kurang dari 66 miliar dolar AS atau 933000000000000 rupee, sementara laporan terakhir di Nikki Asia Dan Los Angeles Times Jumlah tersebut diperkirakan mencapai 60 miliar dolar AS, atau sekitar 848 triliun rupee, atau 70 miliar dolar AS, atau sekitar 989 triliun rupee.

Untuk memperjelas, kekayaan kerajaan berbeda dari kekayaan raja yang sedang berkuasa, karena raja yang berkuasa menikmati kekayaan pribadi dan kerajaan.

Baca juga: Gambar seksual istri Raja Thailand Senninat telah bocor ke publik

Namun sejak 2018, kekayaan pribadi Raja Vajiralongkorn dan kerajaan secara keseluruhan telah bergabung.

Sementara itu, warga negara Thailand menanggung biaya operasional harian monarki, karena pembayar pajak dan pemerintah Thailand telah mengalokasikan sekitar $ 1,3 miliar, atau 18 triliun rupee, ke dalam anggaran tahun ini.

Agence France-Presse / Lilian Swannrumfa Massa pro-demokrasi mengadakan demonstrasi menentang keputusan darurat yang dikeluarkan oleh pemerintah Thailand, di Bangkok, Thailand, Kamis (2020/10/15). Puluhan ribu orang turun ke jalan untuk memprotes keputusan pemerintah untuk keputusan masalah darurat melarang orang banyak dan media membatasi.

Terdiri dari apa saja kekayaan properti Thailand?

Dibandingkan kerajaan lain di seluruh dunia yang telah bertahan selama berabad-abad, Andrew mengatakan bahwa kekayaan Dinasti Chakri tidak datang dari generasi ke generasi, sebaliknya sebagian besar berasal dari aset yang terkumpul selama abad ke-20.

READ  Kasus Covid-19 terus meningkat, dan Paris diancam dengan lockdown total

Sebagian besar berasal dari kepemilikan tanah dan properti. Pemerintah Thailand Diperkirakan memiliki sekitar 40.000 sewa tanah, sementara studi kekayaan institusional tahun 2015 menemukan bahwa Kerajaan Thailand adalah salah satu pemilik tanah terbesar di negara tersebut.

Kepemilikan tanah ini adalah tentang 6560 hektar di Thailand, yang 1328 hektar terkonsentrasi di Bangkok, menurut laporan tersebut. Reuters 2019.

Biografi mantan penguasa, Raja Bhumibol Adulyadej pada tahun 2011, memperkirakan harta milik raja di Bangkok sedikitnya US $ 44,8 miliar, atau lebih dari Rs 635 triliun.

Baca juga: Raja Thailand bisa saja diusir jika terbukti berkuasa dari Jerman

Nilai properti di Bangkok meningkat secara signifikan sejak saat itu.

Kerajaan Thailand juga memiliki saham di dua terbesar perusahaan perusahaan negara itu, Siam Commercial Bank (SCB) dan Siam Beton Group, senilai $ 12,2 milyar (Rs. 170 trilyun) tahun lalu.

Batu permata yang ditemukan di mahkota Thailand juga dapat dianggap sebagai aset, meskipun tidak ada angka pasti untuk nilainya dan banyak barang yang tak ternilai harganya karena nilai budaya dan sejarahnya untuk Thailand.

Namun harga satu perhiasan yang ada dalam koleksi yang dikenal sebagai “Diamond Golden Jubilee”, berlian terbesar di dunia dengan berat 545,6 karat, diperkirakan mencapai $ 16,3 juta tahun lalu, menurut situs perhiasan The Diamond Authority. .

Baca juga: Raja Thailand dan Permaisuri membuka stasiun metro selama demonstrasi populer

Siapa yang mengelola kekayaan kerajaan Thailand?

Jawabannya adalah bahwa itu dijalankan oleh raja sendiri, meskipun dia tidak selalu melakukannya.

Undang-undang soal ini diubah pada 2018 sehingga Raja Vajiralongkorn mengontrol langsung aset pemerintah.

Sejak tahun 1948, properti di Thailand dikatakan bahwa asetnya adalah milik orang Thailand, sehingga akan dikendalikan dari jarak jauh oleh organisasi yang dikenal dengan Crown Property Bureau (CPB).

READ  Para biarawati Tiongkok yang bekerja di Misi Vatikan di Hong Kong ditahan di Hebei

Dia memberi tahu Tamara Luce, seorang sejarawan Thailand di Cornell University di Amerika Serikat ABC Sementara kekuatan historis “di atas kertas” Protokol Cartagena telah diizinkan antara kekuatan, masih belum jelas apa ini dalam praktek.

Dr. Luce berkata: “Saya tidak dapat membayangkan bahwa seorang anggota biro akan memberi tahu Raja Bhumibol jika dia tidak dapat membelanjakan uang yang dia inginkan, dan bagaimana dia ingin membelanjakan uangnya mungkin sejalan dengan banyak tujuan negara.” ABC.

Baca juga: Terus dihadapkan pada tuntutan reformasi kerajaan, Raja Thailand menyerukan persatuan nasional

Tetapi Dr. Luce berkata bahwa melihat alasan banyaknya protes yang meletus di Bangkok merupakan indikasi bahwa beberapa orang Thailand tidak menyukai kepindahan raja dan keluarganya.

“Mereka melihat jika dia tidak hidup hemat seperti ayahnya, tapi dia juga terlihat sangat mewah dalam mengatur keluarganya.”

Bagaimana itu dibandingkan dengan kerajaan dunia lain?

Total kekayaan kerajaan di dunia hanya dapat dibandingkan dalam skema luas dengan menebak-nebak, karena tidak ada transparansi antara aset publik atau kuasi publik, sedangkan kekayaan pribadi raja atau ratu biasanya tidak dipublikasikan.

Misalnya, kerajaan Inggris, yang memiliki 15 negara lain termasuk Australia, yang memiliki Perkebunan Mahkota, mencakup area properti dan tanah yang luas di beberapa wilayah paling mewah di London, dan hampir semua perairan teritorial Inggris, selain 55 persen dari pantai Inggris. Dan aset lainnya.

Tetapi ‘Kepemilikan Mahkota’ tidak mencerminkan kekayaan penuh Kerajaan Inggris.

Sosok itu mungkin tidak akan diketahui pada akhirnya, mengingat jaringan asetnya yang kompleks, termasuk situs sejarah, koleksi seni kerajaan, perhiasan Kerajaan Inggris, dan artefak sejarah dan budaya lainnya yang berlangsung selama berabad-abad.

Laporan: Angka yang dilaporkan untuk monarki Inggris sangat bervariasi MSN Money Tahun lalu nilainya diperkirakan 900 juta USD atau lebih dari 12 triliun rupee; Sedangkan laporan tahun 2017 oleh sebuah perusahaan konsultan bisnis memperkirakan nilainya mencapai $ 88 miliar, atau 1.243 triliun rupee, mewakili total ‘nilai’ di Inggris.

Sementara itu, kekayaan pribadi sang Ratu diperkirakan mencapai US $ 500 juta atau lebih dari Rp 7 triliun.

Baca juga: Ketika ditanya tentang menggelar demonstrasi untuk mereformasi kerajaan, ini adalah jawaban dari Raja Thailand

Raja Raja Maha Vajiralongkorn melambai dari limusinnya usai mengambil alih upacara wisuda di Tamasat University di Bangkok, Thailand, Sabtu (31/10/2020).Foto AP / Sunti Teapia Raja Raja Maha Vajiralongkorn melambai dari limusinnya usai mengambil alih upacara wisuda di Tamasat University di Bangkok, Thailand, Sabtu (31/10/2020).

Mengapa pengunjuk rasa menargetkan kekayaan kerajaan?

Sementara para pengunjuk rasa tidak menyerukan jatuhnya kerajaan, mereka menyerukan reformasi karena ketidaksetaraan kekayaan.

READ  Tujuh fakta tentang serangan berdarah di Gereja Prancis ... horor!

Mereka ingin membalikkan kendali sepihak raja atas keuangan kerajaan dan menyerukan mekanisme untuk menjaga akuntabilitas kerajaan yang lebih kuat dalam konstitusi Thailand.

“Jutaan keluarga dalam masalah, jadi bagaimana kami bisa memberikan uang pajak kepada keluarga yang menghabiskan kemewahan ini?” Barrett Schwarak, seorang aktivis terkemuka di Reuters Di tengah protes minggu lalu.

Antara 2015 dan 2018, tingkat kemiskinan di Thailand meningkat, dengan orang yang hidup dengan kurang dari $ 1,90, atau kurang dari 27.000 rupee per hari, dari yang terendah sepanjang masa 7,2 persen menjadi 9,9 persen dari populasi. Menurut angka Bank Dunia.

Baca juga: Pengawalnya dinyatakan positif Covid-19, dan Raja Thailand dilarikan ke rumah sakit

Epidemi diperkirakan akan memperburuk tingkat kemiskinan, karena pendapatan nasional Thailand diperkirakan akan menyusut setidaknya 5 persen, yang merupakan salah satu negara paling tajam di kawasan Asia Tenggara, menurut laporan Bank Dunia pada bulan Juni.

Dr. Tamara Luce, sejarawan Thailand dari Cornell University di Amerika Serikat, mengatakan para pengunjuk rasa tidak hanya berfokus pada gaya hidup mewah, tetapi juga pada keberadaan hierarki atau pangkat sosial.

“Mereka menargetkan monarki, tetapi yang sebenarnya mereka lakukan adalah menyerukan perubahan sosial yang radikal, maksud saya, mereka ingin mengakhiri hierarki,” kata Dr. Luce.

Kanyanat juga merasa seperti Vjiannis, dari koalisi demokrasi Thailand yang berbasis di Sydney ABC Jika “feodalisme” masih ada di Thailand.

“Saat Anda membeli sebidang tanah, ada cap tanda tangan raja di sertifikat,” kata Kanyat.

“Ini mengingatkanmu bahwa jika dia tidak benar-benar memiliki tanah, dia akan tetap menjadi raja.”

Baca juga: Video percepat dari Raja Thailand Vajiralongkorn yang berterima kasih kepada para pendukungnya

Namun dia mengatakan pengunjuk rasa seperti dia masih perlu melakukan banyak hal untuk mendapatkan dukungan dari orang-orang Thailand, sebagai dekade propaganda topeng kerajaan apa yang sebenarnya terjadi Thailand monarki.

“Kami perlu menyampaikan kebenaran kepada mereka,” katanya.

“Jika Anda masih menginginkan seorang raja, sesuaikan saja dengan konteks saat ini, sama seperti setiap raja lain di dunia.”

We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply

MEDIABOGOR.COM AMAZON, DAS AMAZON-LOGO, AMAZONSUPPLY UND DAS AMAZONSUPPLY-LOGO SIND MARKEN VON AMAZON.COM, INC. ODER SEINE MITGLIEDER. Als AMAZON ASSOCIATE VERDIENEN WIR VERBUNDENE KOMMISSIONEN FÜR FÖRDERBARE KÄUFE. DANKE, AMAZON, DASS SIE UNS UNTERSTÜTZT HABEN, UNSERE WEBSITE-GEBÜHREN ZU ZAHLEN! ALLE PRODUKTBILDER SIND EIGENTUM VON AMAZON.COM UND SEINEN VERKÄUFERN.
Media Bogor