SpaceX meluncurkan Roket Falcon 9 yang membawa satelit GPS canggih: Okezone techno

SpaceX Berhasil meluncurkan Satelit GPS AS Space Force III-SV04 canggih. Peluncuran ini menggunakan Falcon 9 Rocket yang diluncurkan dari Space Launch Complex 40 di Stasiun Angkatan Udara Cape Canaveral pada pukul 18:24 EST.

Misi satelit ini akan mengikuti jejak United Atlas Missile Alliance (ULA) Kelima, yang dijadwalkan menerbangkan satelit mata-mata AS pada Selasa, 3 November. Namun, peluncuran Atlas V telah ditunda dua kali karena masalah dengan peralatan sistem tanah dan telah dijadwalkan ulang pada 6 November.

Baca juga: NASA menunda peluncuran satelit pengintai maritim Sentinel-6

Misi GPS ini telah menunggu lepas landas sejak penundaan 2 Oktober. Hanya beberapa detik sebelum peluncuran, komputer Falcon 9 mendeteksi kerusakan mesin rudal dan sistem penghenti penerbangan. Beberapa saat kemudian, tim menemukan masalah tersebut setelah melakukan penyelidikan secara menyeluruh.

SpaceX menemukan sisa-sisa “cover lacquer” memblokir lubang ventilasi 0,06 inci (1,6 mm) atau dua dari dua mesin Merlin sembilan pada Falcon 9. Tahap pertama itu interpretasi perwakilan SpaceX, seperti dikutip dari Space, Sabtu (7 /) 11/2020).

Baca juga: Roket pesawat ruang angkasa SpaceX akan membantu membersihkan limbah luar angkasa

Jejak cat yang sama telah terungkap pada mesin Rocket Falcon 9 lainnya, Sentinel-6 dan Crew-1. Akibatnya, peluncuran Sentinel-6 ditunda hingga 21 November. Sedangkan Crew-1 masih dalam rencana, yakni 14 November.

Penerbangan ini menandai pengiriman GPS ketiga SpaceX. Angkatan Darat AS berencana meluncurkan 10 satelit Global Positioning System (GPS) untuk menggantikan semua anggota lama konstelasi saat ini.

(Milik)

READ  Menghabiskan Rp 12 Triliun, Osiris Rex NASA Telah Mengambil Batu Asteroid ...
More from Mahammed Shehata

Pre-Order Kamera Triple Vivo V20 dan V20 SE Mulai Harga Rp 3,9 Jutaan, Ini Berbagai Spesifikasi dan Promosi

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA – Duo Saya tinggal V20 Itu akhirnya diluncurkan di Indonesia...
Read More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *