Spanyol, Finlandia Nyatakan Minat Kerja Sama Pembangunan IKN Ibu Kota Baru Indonesia

Spanyol, Finlandia Nyatakan Minat Kerja Sama Pembangunan IKN Ibu Kota Baru Indonesia

TEMPO.CO, JakartaPemerintah Finlandia dan Spanyol telah menyatakan minatnya untuk bekerja sama dengan Indonesia dalam pembangunan ibu kota negara yang baru (IKN), Nusantara, kata Otoritas IKN.

“IKN (Otoritas) menyambut setiap negara yang ingin bekerja sama untuk membangun (IKN) Nusantara,” kata Ketua Otoritas IKN, Bambang Susantono, dalam sebuah pernyataan yang dikeluarkan pada hari Sabtu.

Dia mencatat, sebelumnya, beberapa negara lain, termasuk Korea Selatan dan Arab Saudi, juga menyampaikan minatnya untuk bekerja sama dengan Otoritas IKN.

“Kami terbuka dengan investor manapun untuk bekerja sama di sektor tertentu,” imbuhnya.

Perwakilan pemerintah Finlandia dan Spanyol baru-baru ini bertemu dengan pejabat dari Otoritas IKN di kantornya.

Dalam pertemuan tersebut, Susantono didampingi oleh sekretaris OJK, Achmad Jaka Santos Adiwijaya, serta Deputi Bidang Transformasi Hijau dan Digital OJK, Ali Berawi.

Pemerintah Finlandia diwakili oleh Wakil Menteri Luar Negeri Bidang Perdagangan Internasional, Nina Vaskunlahti, dan Duta Besar Finlandia untuk Indonesia, Pekka Kaihilahti.

Mereka didampingi oleh perwakilan dari 12 perusahaan yang berbasis di Finlandia, termasuk Betolar, KONE, dan Wärtsilä. Dalam pertemuan tersebut, masing-masing perusahaan mempresentasikan rencananya untuk berkontribusi dalam pengembangan IKN.

Sementara itu, perwakilan Spanyol antara lain Duta Besar Spanyol untuk Indonesia, Francisco Aguilera Aranda, dan atase perdagangan Spanyol Jose Angel Molero Gonzalez.

“Kami juga telah memindahkan ibu kota kami di masa lalu, sehingga kami berharap juga dapat berkontribusi dalam proyek IKN,” kata duta besar Spanyol tersebut.

Sebelumnya Otoritas IKN juga telah bekerjasama dengan Bank Pembangunan Asia (ADB) untuk memetakan upaya IKN menjadi kota netral karbon pada tahun 2045 berdasarkan konsep kota hutan lestari.

Bangunan hanya akan menempati sekitar 25 persen dari bangunan ibu kota barukawasan tersebut, sedangkan 75 persen sisanya akan dipertahankan sebagai kawasan hijau.

READ  Kementerian Alokasikan Rp4,1 Miliar untuk Bantuan Hukum Bagi Masyarakat Miskin

Enam puluh lima persen dari kawasan hijau ini akan ditutupi hutan tropis, yang akan bertindak sebagai penyerap karbon.

ANTARA

Klik disini untuk mendapatkan update berita terbaru dari Tempo di Google News

We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply

MEDIABOGOR.COM AMAZON, DAS AMAZON-LOGO, AMAZONSUPPLY UND DAS AMAZONSUPPLY-LOGO SIND MARKEN VON AMAZON.COM, INC. ODER SEINE MITGLIEDER. Als AMAZON ASSOCIATE VERDIENEN WIR VERBUNDENE KOMMISSIONEN FÜR FÖRDERBARE KÄUFE. DANKE, AMAZON, DASS SIE UNS UNTERSTÜTZT HABEN, UNSERE WEBSITE-GEBÜHREN ZU ZAHLEN! ALLE PRODUKTBILDER SIND EIGENTUM VON AMAZON.COM UND SEINEN VERKÄUFERN.
Media Bogor