Tahun 2021 Indonesia Punya Observatorium Terbesar di Asia Tenggara

loading…

KUPANG – Kabar gembira bagi para penggemar ilmu perbintangan! Indonesia bakal memiliki observatorium terbesar di Asia Tenggara. Pembangunan Observatorium Nasional yang dibangun di Gunung Timau, Kupang, Nusa Tenggara Timur tersebut diharapkan dapat rampung pada tahun 2021. (Baca juga: Lokasi Terbaik Melihat Bintang Ternyata di Tempat Terdingin di Bumi)

“Harapannya observatorium nasional ini bisa diresmikan di tahun depan,” kata Deputi Bidang Sains Antariksa dan Atmosfer Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), Halimurrahman dalam gelar wicara virtual ‘Iptek Pengembangan dan Antariksa Bagi Indonesia Maju’ seperti dilansir dari laman lapan.go.id.

Mengapa memilih kawasan pelosok Gunung Timau? Wilayah ini dipilih menjadi lokasi pembangunan observatorium karena diperlukan spot bebas polusi cahaya dan udara.

“Karena di daerah yang polusi cahayanya sangat rendah kita bisa melihat bintang yang berkelip di atas kita,” ujar Halimurrahman.

Dengan keberadaan observatorium nasional di Kupang, diharapkan wilayah itu menjadi tempat wisata langit yang tentunya akan meningkatkan ekonomi di daerah sekitar. “Harapannya dengan membangun observatorium nasional di Kupang kita mendorong Indonesia Bagian Timur memiliki sains khususnya keantariksaan yang maju seperti halnya Bandung,” tutur Halimurrahman.

READ  Realme 7 dan Realme X7 Mejeng di Berlin
More from Shakeel Mohiuddin

Unboxing Samsung Galaxy Tab S7+, Layarnya Bikin Puas Nonton Netflix – Semua Halaman

Nextren berkesempatan untuk merasakan pengalaman Samsung Galaxy Tab S7+ dengan varian warna...
Read More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *