Mediabogor.com, Bogor – Lima bulan sudah, Warga Kampung Sirnagalih RT 2/6, Kelurahan Loji, Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor, harus bersabar menunggu bantuan perbaikan jembatan Kampung Pagentongan yang tergerus banjir beberapa waktu lalu. Encep, salah satu warga sekitar  mempertanyakan kapan jembatan  tersebut akan diperbaiki.

Namun sebelumnya Lurah Loji Sukaryawan mengaku bahwa bahwa penanganan perbaikan jembatan ditangani oleh Badan Penanggulangan Bencana (BPBD) Kota Bogor.

Namun saat di konfirmasi kepada Kepala BPBD, Ganjar Gunawan mengatakan bahwa pihaknya hanya sebatas tanggap bencana.

“BPBD itu kan lebih di titik beratkan di saat-saat masa tanggap darurat, yang mana ketika bencana terjadi, lebih kepada pertolongan darurat, evakuasi, penyelamatan, pemenuhan kebutuhan dasar korban atau pengungsi dan seerusnya,  jadi yang jadi fokus utama Bpbd adalah manusia nya selamat atau tidak, lapar atau tidak, sakit atau tidak, kira-kira seperti itu,” ujarnya.

Meski demikian Ganjar mengatakan bahwa pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan Dinas Pekerjaan Umum Dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kota Bogor.

Hal itu dikarena dinas teknis yang memiliki wewenang untuk melakukan perbaikan terhadap infrastruktur yang rusak akibat bencana.

“Nah, berkaitan dengan insfrastruktur yang rusak, walau bagaimanapun BPBD harus berkoordinasi dengan dinas tekhnis, dan itu sudah kita sampaikan,” katanya.

Selama menunggu kepastian kapan jembatan tersebut diperbaiki warga pun harus waspada saat melinyas di jembatan yang kondisi pondasinya sudah hancur. (RF)