Tanpa telinga, laba-laba mendengar menggunakan kaki: Okezone techno

Sebuah Sebuah studi baru mengungkapkan bahwa memang ada cakar Raksasa pendengaran tidak menggunakan telinga. Dia mendengar mangsanya datang melalui organ khusus yang terletak di kakinya.

Organ-organnya terlihat seperti celah paralel yang dipotong ke kerangka luar laba-laba, yang terletak di dekat ujung setiap kaki. Celah tersebut memiliki panjang 10 hingga 200 nm.

Baca juga: Spesies baru laba-laba bermata biru yang berasal dari Australia telah ditemukan

Vakuola ini mengandung sel saraf yang mendeteksi sedikit perubahan tekanan akibat gemerisik gelombang suara di udara. Kemudian organ mengirimkan informasi tersebut ke otak.

Dengan organ ini, laba-laba raksasa (deinopis spinosa) mampu mendengar suara hingga 6,5 ‚Äč‚Äčkaki (2 meter) dan mengambil frekuensi antara 100 dan 10.000 Hz.

“Ini sangat aneh karena kami tidak memiliki sistem sensorik seperti ini,” kata penulis studi Jay Staffstrom. Ilmu KehidupanSelasa (11/3/2020).

Baca juga: Para peneliti telah menemukan spesies laba-laba baru dengan organ reproduksi yang berbeda

Penulis penelitian juga menemukan bahwa laba-laba tiba-tiba membalikkan setengah dari bibir belakangnya ketika mendengar suara tertentu. Pembalikan mereka sangat cepat dan akurat, yang membantu mereka memangsa ngengat, nyamuk, dan lalat.

Dalam studi mereka, Stafstrom dan rekan mencoba memainkan suara yang berbeda untuk melihat apakah ini yang memicu laba-laba ini. Ketika terkena suara frekuensi rendah, dari 150 hingga 750 Hz, laba-laba meluncur ke belakang dan mengembangkan jaringnya seolah-olah menangkap serangga.

READ  Ilmuwan menyebut Bintang Betelgeuse tidak terlalu besar
Written By
More from Hamal Hamid

Asing banyak yang menjual saham tersebut saat IHSG menguat pada Jumat (6/11).

Klarifikasi. Asing banyak yang menjual saham tersebut saat IHSG menguat pada Jumat...
Read More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *