Terekam satelit, Korea Utara persiapkan uji coba rudal balistik dari kapal selam

Sumber: Reuters | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID – WASHINGTON. Korea Utara rupanya sedang mempersiapkan senjata baru. Sebuah foto citra satelit memotret galangan kapal Korea Utara pada Jumat (4/9), menunjukkan aktivitas yang menandakan persiapan uji coba rudal balistik yang diluncurkan kapal selam jarak menengah.

Sebuah lembaga consider tank asal Amerika Serikat yakni Pusat Studi Strategis dan Internasional (CSIS) menyebutkan gambar yang dipublikasikan di situs webnya adalah situasai di galangan kapal Sinpo Korea Utara menunjukkan beberapa kapal di dalam cekungan kapal yang aman. Salah satunya menyerupai kapal yang sebelumnya digunakan untuk menarik tongkang uji coba kapal selam ke laut.

Disebutkan, kegiatan itu sugestif, tetapi tidak konklusif, dari persiapan untuk uji coba rudal balistik kapal selam Pukguksong-3 milik Korea Utara.

Reuters melaporkan, pada Oktober tahun lalu, Korea telah berhasil melakukan uji tembak Pukguksong-3, rudal balistik baru yang diluncurkan kapal selam sebagai bagian dari upaya untuk menahan ancaman eksternal dan meningkatkan pertahanan diri.

Peluncuran itu dipandang oleh para analis sebagai yang paling provokatif oleh Korea Utara sejak memasuki dialog dengan Amerika Serikat mengenai software senjata dan misil nuklirnya pada tahun 2018.

Baca Juga: Korut disebut tengah siapkan parade militer besar-besaran, mau pamer senjata baru?

Korea Utara telah menangguhkan uji coba rudal dan nuklir jarak jauh sejak 2017, tetapi upaya yang dipimpin oleh Presiden AS Donald Trump untuk membujuknya agar menghentikan method nuklir dan misilnya hanya mencapai kemajuan sedikit.

Belum ada komentar langsung dari Departemen Luar Negeri AS maupun Pentagon tentang laporan CSIS.

Pada konferensi pers sebelumnya, Trump memuji hubungannya dengan Korea Utara. Trump mengatakan ketika dia terpilih orang-orang telah memperkirakan dia akan berperang dengan negara itu dalam waktu seminggu.

READ  Perhatian-Perhatian! WNI Dilarang Masuk Malaysia Mulai 7 September

“Sementara itu, kami sudah akrab dengan mereka. Kami tidak berperang, “katanya.

Trump telah menahan tidak adanya uji coba rudal balistik antarbenua dan nuklir oleh Korea Utara sejak 2017 sebagai keberhasilan dari diplomasinya dan telah berusaha mengecilkan banyak uji coba jarak pendek dalam periode tersebut.

“Korea Utara sudah menguji PKS-3 SLBM Oktober lalu. Dan itu tidak melewati garis merah Trump, dan tidak mungkin untuk kali ini. Trump tidak akan peduli,” tulis Vipin Narang, pakar non-proliferasi di Institut Teknologi Massachusetts di Twitter.

Militer Korea Selatan mengatakan, Pukguksong-3 yang diuji tahun lalu terbang sejauh 450 km (280 mil) dan mencapai ketinggian 910 km (565 mil) dan akan memiliki jangkauan sekitar 1.300 km (800 mil) pada lintasan standar.

Berita tentang aktivitas di Sinpo muncul di tengah tanda-tanda bahwa Korea Utara mungkin sedang mempersiapkan parade militer besar pada bulan Oktober nanto. Parade militer ini diyakini beberapa analis dapat digunakan untuk memamerkan rudal baru seperti yang telah dilakukan negara tersebut pada acara-acara semacam itu di masa lalu.

 




Written By
More from Abbud Saeed

Erick Thohir Perkirakan Harga Vaksin Covid-19 Rp 440.000 For every Orang

JAKARTA, KOMPAS.com – Pemerintah menargetkan akan melakukan imunisasi massal vaksin Covid-19 di...
Read More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *