Tidak ada sepatu yang tertinggal di bandara Bali sejauh ini, para pejabat mengkonfirmasi, karena kekhawatiran PMK Australia meningkat

Tidak ada sepatu yang tertinggal di bandara Bali sejauh ini, para pejabat mengkonfirmasi, karena kekhawatiran PMK Australia meningkat

Sepatu tetap dipakai ketika warga Australia naik penerbangan pulang dari Bali, kata seorang pejabat pulau itu, di tengah seruan dari bawah agar para pelancong membuang alas kaki mereka ketika kembali dari Indonesia karena kekhawatiran penyakit kaki dan mulut (PMK).

Pihak berwenang di Australia, termasuk Wakil Perdana Menteri New South Wales Alat Paulus dan negara federasi petanibaru-baru ini mengatakan bahwa pencari matahari di Bali yang akan kembali ke Australia berisiko tinggi membawa penyakit ternak yang sangat menular ke negara tersebut.

Mereka bahkan mendesak para pelancong untuk meninggalkan sepatu mereka di Bali. Virus yang menyebabkan penyakit ini diketahui menempel pada alas kaki, serta barang-barang pakaian lainnya, hingga 24 jam setelah kontak dengan tanah yang terkontaminasi.

Namun orang-orang Australia yang bepergian tampaknya tidak terlalu memperhatikan nasihat itu.

General Manager Bandara Internasional Ngurah Rai Handy Heryudhitiawan dikatakan Hari ini sudah seperti biasa di fasilitas tersebut meskipun ada anjuran untuk membuang alas kaki dari Australia.

“Hingga saat ini pihak Bandara I Gusti Ngurah Rai belum mengetahui aturan bagi warga negara Australia saat mereka tiba. [at their country],” kata Handy, seraya menambahkan bahwa pihak bandara tidak menyediakan alas kaki khusus bagi para pelancong internasional jika mereka memutuskan untuk melepaskan sepatu mereka sebelum menaiki penerbangan mereka.

Pihak berwenang Australia dapat dimengerti telah gelisah atas wabah PMK di Indonesia dan negara lain, karena penyakit ini dapat menghapus sektor pertanian dan pariwisatanya. Pemerintah federal telah mengalokasikan dana tambahan sebesar AUD14 juta (US$9,4 juta) untuk memerangi PMK, termasuk dengan meningkatkan pemeriksaan biosekuriti di bandara dan memberikan dukungan keuangan kepada Indonesia untuk memerangi penyakit ini secara lokal.

READ  Ramai dengan rapid antigen testing, berikut penjelasan lengkap dari DOH dari HET hingga masalah penalti. Semua halaman

Kementerian Pertanian Syahrul Yasin Limpo download ketakutan penyebaran PMK saat ia menyambut mitranya dari Australia, Murray Watt di Jakarta kemarin. Syahrul mengklaim bahwa meskipun Bali telah berhasil mengatasi wabah tersebut, pihak berwenang masih akan mendisinfeksi para pelancong yang masuk dan keluar pulau agar bebas dari penyakit.

Wabah PMK di Indonesia dimulai pada Mei tahun ini – beberapa dekade setelah pemberantasan penyakit pada tahun 1986. Pihak berwenang Bali saat ini sedang menyelidiki bagaimana penyakit itu menyebar ke pulau itu, sambil memberlakukan larangan pengangkutan ternak ke dan dari daerah lain dan meningkatkan massa program vaksinasi.

Menurut data resmi, hingga pekan lalu, 128 ekor sapi di Bali dipastikan terkena PMK. Itu artinya jika dibandingkan dengan angka pada skala nasional, di mana, pada 13 Juli, 365.146 ternak – kebanyakan sapi – telah terjangkit penyakit ini.

Orang Australia secara tradisional menempati peringkat teratas dalam hal jumlah wisatawan di Bali. Setelah Bali dibuka kembali awal tahun ini dan melonggarkan pembatasan perjalanan, pulau ini mengalami peningkatan jumlah wisatawan Australia dalam beberapa bulan terakhir.

We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply

MEDIABOGOR.COM AMAZON, DAS AMAZON-LOGO, AMAZONSUPPLY UND DAS AMAZONSUPPLY-LOGO SIND MARKEN VON AMAZON.COM, INC. ODER SEINE MITGLIEDER. Als AMAZON ASSOCIATE VERDIENEN WIR VERBUNDENE KOMMISSIONEN FÜR FÖRDERBARE KÄUFE. DANKE, AMAZON, DASS SIE UNS UNTERSTÜTZT HABEN, UNSERE WEBSITE-GEBÜHREN ZU ZAHLEN! ALLE PRODUKTBILDER SIND EIGENTUM VON AMAZON.COM UND SEINEN VERKÄUFERN.
Media Bogor