Tingkatkan Kemampuan Anggota, IYOIN Lc Bogor Gelar Upgrading Tentang Kelola Relawan

Tingkatkan Kemampuan Anggota, IYOIN Lc Bogor Gelar Upgrading Tentang Kelola Relawan

MediaBogor.com, Bogor- Sebagai NGO yang bergerak di bidang kepemudaan dengan moto Share and Synergize dan berfokus pada empat hal yakni Education, Social, Youth Empowerment, dan International Networking. IYOIN Lc Bogor mengadakan Upgrading khusus untuk para pengurus IYOIN Lc Bogor. Kegiatan yang mengangkat tema “Gerakin Bogor” ini dilaksanakan di Why not Coffe pada Minggu, 20 Mei lalu.

Upgrading dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan pengurus IYOIN Lc Bogor khususnya dalam bidang Bahasa Inggris.

Dalam acara ini, para peserta diberikan beberapa materi dan juga diselingi dengan berbagai games yang tentunya menambah seru acara serta ditutup dengan kegiatan buka bersama.

Dalam sambutannya, Ketua IYOIN Lc Bogor Yogi Rivaldy menuturkan bahwa sangat bangga terhadap IYOIN Lc Bogor yang saat ini penuh perhatian terhadap pengembangan skill para pengurusnya. “Saya berharap agar hal ini bisa menular terhadap pemuda-pemudi di sekitar supaya sadar dan selalu mencoba untuk mengembangkan potensi diri mereka,” harap Yogi saat memberikan sambutan acara yang juga dihadiri oleh salah satu founder IYOIN Ken Adi Irwansyah.

Acara dilanjutkan dengan English Club dengan materi mengenai written expression, pada kesempatan kali ini materi tersebut disampaikan oleh Indri yang juga merupakan seorang pengajar Bahasa Inggris serta bagian dari keluarga IYOIN Lc Bogor di bagian divisi project.

Kemudian acara dilanjutkan dengan games untuk menambah kekompakan bagi para pengurus. Acara ini disambut positif oleh para peserta dan berharap English Club dapat dilaksanakan minimal 2 minggu sekali.

Untuk dapat mengembangkan kemampuan pengurus, acara ini juga diisi dengan Internal Sharing Session (ISS) yang pada Upgrading kali ini IYOIN Lc menggandeng ketua dari Wabe Project Eulis Utami. Ketika sesi ISS, Tami berbagi ilmu dalam hal mengelola relawan kegiatan komunitas. Di sesi ini juga Tami menjelaskan seperti apa jatuh bangunnya ketika dia membangun Wabe, dari banyaknya relawan yang ikut terlibat di Wabe, baik yang aktif ataupun tidak hingga seperti sekarang yang sudah dapat membantu warga dalam mengelola Bank Sampah di Kampung Ceger, Bogor.

Lebih lanjut, untuk mengelola relawan, Tami lebih sering bertanya dahulu mengenai kontribusi apa yang bisa mereka lakukan terhadap Wabe sehingga mereka bisa mengetahui kemampuan mereka serta kebutuhan dari Wabe itu sendiri sehingga akan mengurangi jumlah orang-orang yang mengundurkan diri di tengah jalan. “Setiap orang itu memiliki tujuan masing-masing ketika masuk ke dalam suatu komunitas,” jelas Tami dalam sesi berbaginya.

Sebelum ditutup dengan acara buka bersama, IYOIN Lc Bogor memberi kesempatan kepada salah satu founder yaitu Ken Adi Irwansyah untuk menyampaikan kesan dan pesannya. “Upgrading ini sangatlah perlu karena akan meningkatkan skill serta pengetahuan para pengurus, pada dasarnya founder akan selalu mendukung kegiatan-kegiatan IYOIN dan meminta kepada pengurus agar jangan pernah sungkan atau malu dalam meminta dukungan serta bantuan kepada founder,” apresiasi Ken kepada pengurus IYOIN Lc Bogor.

Kemudian, Yogi juga menambahkan bahwa kegiatan IYOIN Lc yang terdekat adalah OLEC 2 (Online Lecture) yang akan diadakan pada Juni 2018 dan dibuka untuk umum.