Tips Menjaga Kebugaran Saat Berpuasa

mediabogor.com, Bogor – Pola makan yang cenderung berubah-ubah pada saat bersantap sahur dan buka puasa mendorong tubuh kita melakukan penyesuaian gizi. Untuk itu, sangatlah penting dalam menjaga asupan gizi saat berpuasa.

Nutrisionis dari IPB (Institut Pertanian Bogor) Mawar Wijayati, berbagi tips tentang kesehatan khususnya dalam menjaga keseimbang gizi saat menjalankan ibadah puasa agar badan tetap fit dan bugar.

“Usahakan dalam bersantap sahur dengan menu makanan empat sehat lima sempurna. Makanan pokok yang diperlukan tubuh sebagai sumber energi yaitu yang memiliki kandungan sumber energi dan karbohidrat seperti nasi, jagung, gandum, kentang, serta umbi-umbian,” ucap dara yang hobi traveling ini kepada mediabogor.com, Senin (15/4/19).

Dikatakan Mawar, lauk atau pendamping makanan pokok yang berfungsi sebagai sumber zat pembangun tubuh disarankan yang memiliki kandungan protein seperti telur, daging, ikan, tahu dan tempe. Serta sayuran yang sangat baik untuk menjaga daya tahan tubuh agar selalu terjaga kesehatannya. Sayuran yang banyak manfaatnya diantaranya bayam, brokoli, tomat, terong dan sayuran hijau lainnya.

Kemudian, sambungnya, buah yang kaya vitamin dan mineral dengan kandungan air yang tinggi, juga sangat baik untuk kesehatan dan pencernaan.

“Susu segar yang kaya akan nutrisi, diantaranya protein, vitamin D, kalsium, vitamin B12, vitamin A. Serta jangan lupa minum lah air putih sebanyak 2 liter atau delapan gelas per hari. Lakukan juga olah raga ringan setiap pagi hari,” pungkasnya. (Nick)