Tragedi Proyek Tol BORR Seksi 3A, 1 Selamat 2 Luka Ringan

mediabogor.com, Bogor – Dua orang mengalami luka ringan akibat ambruknya tiang beton penyangga di Pier 10 depan Perumahan Taman Sari Persada, pada proyek Tol Bogor Ring Road (BORR) seksi IIIA (Simpang Yasmin-Simpang Semplak) di Jalan KH Sholeh Iskandar, Kota Bogor, Rabu (10/7/19). Dua orang tersebut merupakan pekerja dari kontraktor PT PP Pembangunan Perumahan (Persero) Tbk.

Direktur Utama PT Marga Sarana Jabar (MSJ) selaku anak usaha PT Jasa Marga (Persero) Tbk yang mengoperasikan Jalan Tol BORR, Hendro Atmodjo mengatakan, dua orang tersebut kini sudah dibawa ke rumah sakit.

“Hanya luka ringan aja, kini sudah ada di Rumah Sakit Hermina. Kedua korban tersebut yakni Acil (25) dan Hanif (25) yang kedua duanya adalah pegawai PP. Sedangkan satu pekerja yang selamat dari runtuhnya tiang yakni karyawan PP juga atas nama M. Ilham Akbar (25),” katanya kepada wartawan di lokasi.

Hendro menjelaskan, kejadian itu, terjadi saat proses pengecoran beton berjalan, balok penyangga (formwork/cetakan Pier Head) yang tidak kuat sehingga melengkung dan mengakibatkan beton tumpah ke jalan arteri di bawahnya.

“Ini merupakan pengecoran ke 22 dari total 25. Pada saat pengecoran tumpah ke jalan arteri yang di bawahnya,” jelasnya.

Masih kata Hendro, untuk mengidentifikasi penyebab terjadinya insiden ini, tim Komisi Keamanan Jembatan dan Terowongan Jalan (KKJTJ) akan melakukan peninjauan ke lokasi proyek Jalan Tol Bogor Ring Road Seksi 3A (Simpang Yasmin- Simpang Semplak). KKJTJ akan melakukan penelitian dan mengevaluasi penyebab kejadian ini. Nantinya hasil evaluasi tersebut akan diaplikasikan dalam metoda kerja agar kejadian yang sama tidak akan terulang lagi.

“Jasa Marga dan PT MSJ memohon maaf atas ketidaknyamanan yang terjadi akibat kejadian ini. Jasa Marga dan PT MSJ juga akan terus melakukan tindakan preventif dan korektif dengan tetap mengedepankan unsur-unsur Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3), serta evaluasi untuk memastikan keamanan dan kenyamanan pengguna jalan,” ungkapnya.

Kejadian ini pun telah ditangani Polsek Tanah Sareal, Sat Reskrim dan Identifikasi Polresta Bogor Kota, untuk penyelidikan lebih lanjut. (*/Nick)