Transformasi Taman Topi Menuju Alun-Alun

mediabogor.com, Bogor – Taman Ade Irma Suryani, atau yang lebih akrab dibilang taman topi rupanya memiliki sejarah yang sangat panjang. Taman tersebut diperkirakan dibangun pada tahun 1882 era kolonial Belanda dulu. Yang dahulunya fungsional pertama dari taman topi adalah taman sarana penunjang di sekitar stasiun Bogor.

Namun, kini akan menjadi sebuah kenangan saja. Pasalnya Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor berencana akan menjadikan taman topi menjadi alun alun Kota Bogor dengan dana dari APBD Pemprov Jabar diperkirakan sebesar Rp18 miliar.

Namun, pihak pengelola yaitu PT. Exotica belum mengetahui kapan pembangunan alun-alun tersebut akan dimulai. PT Exotica hanya mengetahui bahwa taman topi akan di bangun taman kota mulai dari halaman depan taman topi sampai area mesjid Agung Jln. Dewi Sartika, Bogor Tengah.

“Kalau wahananya sekarang masih berjalan sampai bulan Desember tahun ini, untuk kelanjutan nya belum ada undangan yang disampaikan lagi oleh Pemkot apakah mau dilanjut atau mau di jadikan alun alun,” kata Humas PT. Exotica atau Plaza Kapten Muslihat, Basiran, saat di temui di lokasi, Selasa (9/7/19) siang.

Basiran mengatakan jika benar taman topi mau di jadikan alun-alun nantinya pihaknya pun sudah memiliki tempat rekreasi di beberapa loksi, sehingga karyawan PT. Exotica bisa di tempatkan di lokasi tersebut. “Rencana kami sendiri kalau Pemkot  taman topi di jadikan alun alun, kami sendiri sudah menyiapkan tempat di pemandian air panas di Parung, puncak dan Cianjur,” terangnya.

Dirinya pun berharap, kedepannya Kota Bogor memiliki taman yang nyaman bagi masyarakat serta memiliki tempat rekreasi yang murah meriah jangan sampai masyarakat Kota Bogor mengunjungi tempat rekreasi yang berada di luar Kota Bogor. “Minimal untuk masyarakat umum bisa nyaman dan bisa main dengan murah meriah, harapan kami kepada Pemkot Bogor bisa menata dan masyarakat Bogor bisa bermain,” katanya. (Nick)