Turki menyambut baik pembebasan Kalbjar dari pendudukan Armenia

Turki menyambut baik pembebasan Kalbjar dari pendudukan Armenia

Memuat…

Ankara Kementerian Pertahanan (Kamehan) Turki Menyambut rilis Gulbjar, AzerbaijanPasukan Armenia diduduki setelah hampir tiga dekade.

Kementerian Pertahanan Turki mengatakan di Twitter bahwa “tentara Azerbaijan yang heroik memasuki Kalbjar setelah Aghdam dalam kerangka perjanjian yang ditandatangani setelah kemenangan besarnya di Karabakh. Dia bertemu dengan pemilik aslinya setelah 27 tahun.”

Kementerian Pertahanan Turki mengutip pernyataan Kementerian Pertahanan Turki yang mengatakan, “(Bendera) bintang kita dan bulan sabit kita yang mulia sekarang akan dikibarkan di Kalbajar dengan suara azan (adzan).” Anatolia.

Pernyataan itu muncul setelah Kementerian Pertahanan Azerbaijan mengumumkan pada Rabu pagi (25/11) bahwa tentara Azerbaijan telah memasuki kota Kalbajar setelah 27 tahun pendudukan ilegal di Armenia. (Baca juga: UEA berhenti mengeluarkan visa baru untuk warga 13 negara mayoritas Muslim)

Menurut perjanjian gencatan senjata yang ditengahi oleh Rusia, yang ditandatangani Baku dan Yerevan pada 10 November setelah perang 44 hari, mereka seharusnya meninggalkan Armenia sebagai al-Bulgar pada 15 November. (Lihat infografis: Meskipun Trump tidak lagi berkuasa, Iran menolak negosiasi baru)

Namun, Armenia meminta lebih banyak waktu hingga 25 November. Azerbaijan setuju memberikan 10 hari tambahan. (Lihat video: KKP belum memberikan informasi terkait penangkapan Edhi Prabowo)

Hubungan antara republik Azerbaijan dan bekas Republik Soviet Armenia telah tegang sejak 1991 ketika tentara Armenia menduduki Nagorno Karabakh atau Karabakh Atas.

Konflik baru meletus pada 27 September, dan tentara Armenia melanjutkan serangannya terhadap warga sipil dan pasukan Azerbaijan, bahkan melanggar tiga perjanjian gencatan senjata kemanusiaan selama lebih dari enam minggu.

Azerbaijan membebaskan banyak daerah dataran tinggi dan kota-kota strategis dan hampir 300 pemukiman dan desa dari pendudukan Armenia hingga sekarang.

READ  500 tentara bayaran Rusia dikeringkan oleh 40 tentara Amerika dalam perang di Suriah, 300 orang tewas, tidak ada satu orang Amerika yang terluka

Sebelum perang Karabakh terakhir, sekitar 20% dari tanah Azerbaijan berada di bawah pendudukan Armenia secara ilegal selama hampir tiga dekade.

Pada 10 November, kedua negara menandatangani perjanjian yang dimediasi oleh Rusia untuk mengakhiri pertempuran dan bekerja untuk solusi yang komprehensif.

Presiden Azerbaijan Ilham Aliyev memuji perjanjian itu, menggambarkannya sebagai “kemenangan” untuk negaranya dan “kekalahan Armenia”.

Dia mengatakan keberhasilan militer Baku memungkinkan dia untuk berada di atas angin untuk mengakhiri hampir tiga dekade pendudukannya di wilayah tersebut.

Perdana Menteri Armenia Nikol Pashinyan mengatakan dia telah mencapai kesepakatan “menyakitkan yang tak terlukiskan” yang akan memungkinkan Azerbaijan mengklaim kendali atas wilayah yang direbut kembali dalam pertempuran itu.

Pemerintah Turki juga menyambut baik gencatan senjata, menggambarkannya sebagai “kemenangan besar” bagi Azerbaijan.

(Sia)

We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply

MEDIABOGOR.COM AMAZON, DAS AMAZON-LOGO, AMAZONSUPPLY UND DAS AMAZONSUPPLY-LOGO SIND MARKEN VON AMAZON.COM, INC. ODER SEINE MITGLIEDER. Als AMAZON ASSOCIATE VERDIENEN WIR VERBUNDENE KOMMISSIONEN FÜR FÖRDERBARE KÄUFE. DANKE, AMAZON, DASS SIE UNS UNTERSTÜTZT HABEN, UNSERE WEBSITE-GEBÜHREN ZU ZAHLEN! ALLE PRODUKTBILDER SIND EIGENTUM VON AMAZON.COM UND SEINEN VERKÄUFERN.
Media Bogor