Untuk kebutuhan permodalan, Bank Banten akan melakukan rights issue dengan target modal Rp 3,04 triliun

Klarifikasi. Suasana customer service di kantor Bank Banten. Kontan / Moradi.

Reporter: Laurensius Marshall Sautlan Sitanggang | editor: Hurlena Kartika Dewey

KONTAN.CO.ID – Jakarta. PT Bank Pembangunan Daerah Banten Tbk (Bank Banten) mengatakan, rencana penambahan modal tinggal menunggu tanggal pertandingan, setelah sebelumnya sempat tertunda.

Ketua Umum Bank Banten Fahmi Bagus Mahisa menjelaskan penambahan modal tersebut tentunya sejalan dengan keterbukaan informasi yang dilakukan, khususnya melalui alias Penawaran Umum Terbatas (PUT) VI. Masalah hak.

Jika rencana tersebut berjalan sesuai rencana, maka tentunya bank dengan nama sandi BEKS ini akan mampu mengakselerasi pertumbuhan kinerjanya jauh lebih cepat yang selama ini tertekan. Berkaca pada realisasi Juni 2020, Bank Banten mencatatkan rugi 99,98 miliar rupiah. Pasalnya, menurut Fahmy, pihaknya menargetkan uang yang bisa didapat melalui ukuran ini mencapai 3,04 triliun rupiah.

Sementara itu, pelaksanaan aksi korporasi ini juga terkait dengan Peraturan Daerah Provinsi (Perda) Provinsi Banten Nomor 1 Tahun 2020. Dalam Perda ini, Pemerintah Kabupaten Banten selaku pemegang saham perseroan melalui PT Banten Global Development (BGD) akan meningkatkan permodalan Bank Banten dengan nilai hingga Rp 1,55 triliun.

Baca juga: Pemenuhan aturan modal minimum POJK 12, kedua bank ini akan segera dimerger

Ia juga menegaskan, upaya ini juga untuk memenuhi Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (POJK) 12 Tahun 2020 tentang Konsolidasi Bank Umum. Dalam aturan tersebut, jelas terlihat bahwa semua bank di tanah air wajib memiliki modal dasar minimal Rp 3 triliun.

Ketentuan tersebut dapat dilaksanakan secara bertahap, antara lain 1 triliun rupee pada 2020, kemudian 2 triliun rupee pada akhir 2021 hingga 3 triliun rupee pada 31 Desember 2022.

Selain itu, Fahmy juga mengatakan, pihaknya saat ini masih menunggu pemeriksaan penyerahan dana pemerintah daerah ke BGD untuk disetorkan ke rekening PUT VI.

READ  Gallon Water Leader membawa Jack Ma menjadi orang terkaya di China

“Dengan begitu, proses pendaftaran aksi korporasi bisa dilanjutkan,” kata Fahmy kepada Kontan.co.id, Rabu (4/11).

Rencana bisnis korporasi ini juga mendapat persetujuan pemegang saham melalui Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) yang diselenggarakan pada 2 Oktober 2020.

Sebagai gambaran, merujuk pada laporan keuangan Bank Banten Juli 2020, total modal inti perseroan (Level 1) sebenarnya sangat kecil, yakni hanya Rp 63,09 miliar. Jumlah ini mengalami penurunan signifikan dari periode yang sama tahun lalu sebesar Rp 217,22 miliar atau turun 70,95%. Setiap tahun (yoy).

Donasi, Dapatkan Kupon Gratis!

Dukungan Anda akan meningkatkan semangat kami untuk menyediakan artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai tanda terima kasih atas perhatiannya, terdapat voucher gratis senilai donasi yang bisa digunakan untuk berbelanja Toko bahagia.



Written By
More from Hamal Hamid

Tanda-tanda kehidupan di Venus mungkin berasal dari Bumi: Okezone techno

Sebuah Studi baru menunjukkan tanda-tanda kehidupan Venus Mungkin dari Bumi. Ini dianggap...
Read More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *