Untuk mengenang GRAIL, Pesawat Luar Angkasa Pernah Meluncur ke Bulan: Okezone techno

JAKARTA – Pada 10 September 2011, pesawat ruang angkasa GRAIL NASA diluncurkan untuk misi bulan. GRAIL adalah singkatan dari Gravity Recovery and Inside Laboratory, dikirim ke bulan untuk memetakan medan gravitasinya.

Dari misi tersebut, ilmuwan dapat mempelajari struktur bulan dengan melihat peta gravitasi bulan. Tabrakan asteroid miliaran tahun yang lalu meninggalkan kantong materi yang padat di bawah permukaan bulan.

Mulai dari Ruang, dapat menggunakan tarikan gravitasi tambahan pada pesawat ruang angkasa yang mengorbit Bulan. Jadi, dengan mengukur tarikan gravitasi ini, misi GRAIL dapat mengungkap informasi tentang apa yang ada di bawah permukaan.

Baca Juga: Sejarah Singkat Perkembangan IT

Faktanya, misi tersebut terdiri dari dua pesawat ruang angkasa kembar bernama Ebb dan Move, yang akan terbang bersama mengelilingi bulan untuk memetakan variasi medan gravitasinya. Keduanya lepas landas dengan roket Delta II yang sama dari Cape Canaveral, Florida, Dan mencapai orbit bulan hampir empat bulan kemudian.

Mereka memetakan bulan selama sekitar sembilan bulan sebelum NASA memutuskan bahwa misi tersebut telah berakhir dan dua pengorbit jatuh ke bulan.

(ahl)

READ  Kehidupan di Bumi Hampir Hancur Saat Bintang Meledak Dalam Waktu 65 Tahun Cahaya
Written By
More from Ayhan

Fenomena oposisi Neptunus terlihat di langit Indonesia malam ini

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Sambil memanfaatkan akhir pekan, Anda bisa memandang ke langit...
Read More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *