UPT PKM Tanah Sareal Gelar Pembinaan Untuk Calon Jamaah Haji

mediabogor.com, Bogor – Persiapan calon jamaah haji (calhaj) mulai dilakukan dari mulai pembinaan hingga kebugaran yang diadakan oleh Unit Pelaksana Teknis (UPT) Puskesmas (PKM) Tanah Sareal, berlokasi di GOR Padjajaran, Kota Bogor, Sabtu (2/2/18).

Dikatakan Kepala Puskesmas Tanahsareal, Dr. Maria, bahwa pembinaan dilakukan kepada calon jamaah haji yang akan berangkat pada Tahun 2019 ini.

“Pembinaan Kebugaraan ini merupakan bagian yang harus di lakukan oleh jamaah haji yang akan berangkat tahun ini,” ucapnya.

Pada kegiatan pembinaan tersebut petugas puskesmas melakukan pembinaan kebugaran ‘ test rockport ‘  “Iya jadi berjalan atau lari dan jogging sebanyak 1,6 km, kemudian di hitung waktunya…lalu di masukan kedalam KMB (kartu menuju bugar) maka nti akan terlihat nilainya kurang, cukup, baik atau baik sekali,” paparnya.

Lanjut Maria menjelaskan bahwa hasil tersebut tidak menentukan untuk calon jamaah haji batal atau berangkat. Namun kegiatan itu lebih kepada pembinaan agar calon jamaan haji bisa menjaga dan meningkatkan kebugaran.

“Nah, Jika hasilnya kurang bukan berarti tidak bisa berangkat, tetapi agar berlatih lagi sehingga nantinya bisa menjadi lebih baik (lebih bugar), dengan pembinaan ini, calon jamaah haji bisa mempersiapkan diri agar tetap bugar;” katanya.

Ia pun berharap agar pembinaan tersebut bisa berjalan rutin. “Pembinaan ini di harapkan jgn hanya satu kali ini saja, taapi jamaah harus melakukan lagi untuk mempersiapkan saat keberangkatan sehat n bugar,” imbuhnya. (Nick)