Usmar Penuhi Panggilan Panwascam  dan Terima 25 Pertanyaan Yang Diajukan Penyidik

Usmar Penuhi Panggilan Panwascam dan Terima 25 Pertanyaan Yang Diajukan Penyidik

MediaBogor.com, Bogor – Setalah maraknya pemberitaan tentang dugaan plt Walikota Bogor, Usmar Hariman melanggar etika yang dilakukan oleh dirinya sebagai pejabat publik yang mengarahkan opini kepada salah satu Paslon di sebuah acara buka puasa bersama dengan LPM Se- Kota Bogor di hotel mewah beberapa waktu lalu, dirinya dipanggil Panwaslu Kota Bogor, Selasa (19/6) di

Pasalnya dalam panggilan tersebut sempat tertunda dikarenakan Usmar harus menghadiri acara pelantikan Plt Gubernur Jawa Barat, Jalan Ismaya 2 Bantarjati, Kecamatan Bogor Utara, Kota Bogor.

Menurut Usmar Hariman, kedatangan dirinya ke kantor Panwaslu Kota Bogor untuk memenuhi panggilan tentang dugaan dirinya mengajak untuk memilih salah satu pasangan calon walikota dan wakil walikota Bogor.

“Pada waktu itu kondisinya sangat informal dan acaranya pun silaturahmi dan buka bersama tidak ada maksud lain sebagainya. Memang ada penyampaian beberapa point untuk bahan bagi kawan-kawan yang hadir pada saat itu, dari informasi yang saya dapatkan saya sampaikan apa adanya tidak di tambah dan tidak di kurang,” ucap Usmar kepada media.

Lanjut Usmar, bahan tersebut pun bersifat matang, dia hanya menerima materi untuk di sampaikan pada acara tersebut.

“Artinya saya menyampaikan karena adanya informasi dari beberapa lembaga survei, karena itu untuk wacana saja tidak ada tendensi untuk lain lain. Karena saya butuh bahan, banyak informasi yang masuk kepada saya dari berbagai sumber, dan udah saya klarifikasi di dalam 25 pertanyan yang di ajukan oleh penyidik dan sudah saya jawab sesuai dengan sumpah janji yang sudah saya tanda tangan,” jelasnya.

Semetara ketua Panwaslu Kota Bogor, Yustinus Elyas Mau menegaskan hari ini jadwal Usmar Hariman dimintai keterangan tentang dugaan pelanggaran pada acara LPM se – Kota Bogor oleh sentra Gakkumdu yang dikoordinatori oleh Sasongko dibantu oleh unsur Kejaksan dan Kepolisian.

“Setelah pembahasan pertama nanti akan ada pembahasan kedua setelah mendapat keterangan dari pelapor dan terlapor dan pihak-pihak terkait pada hari ini karena batas waktunya tidak boleh lewat dari lima hari,” papar Yustinus.

Yustinus mengungkapkan bahwa pihaknya telah memeriksa dua orang saksi dari tim pelapor.

“Ada dua pelapor yaitu dari pemenangan calin nomor urut 3 dan dari tim barisan pemuda PAN dan Saksi Tim pelapor telah di mintai keterangan. Aertq alat bukti yang di persiapkan oleh pihak pelapor adalah video dan audio,” katanya.

Jika seandainya terbukti melakukan dugaan pelanggaran, tambah Yustinus, Usmar Hariman akan mendapatkan sangsi sesuai undang undang nomor 10 tahun 2016 atau PKPU nomor 4 tahun 2017 yaitu satu bulan kurungan dan dendan 1 juta – 12 juta. (Nick)