Vaksin adalah upaya serius negara untuk melindungi masyarakat: Berita Okezone

Vaksin adalah upaya serius negara untuk melindungi masyarakat: Berita Okezone

Jakarta Pakar kesehatan terus melakukan kampanye untuk memvaksinasi atau mengimunisasi masyarakat luas. Pasalnya, vaksinasi tetap menjadi cara paling efektif untuk mencegah penyebaran penyakit menular dan berbahaya yang berdampak negatif bagi kesehatan masyarakat.

Meskipun upaya bersama terus dilakukan oleh pemerintah dan berbagai pemangku kepentingan untuk memastikan bahwa masyarakat tidak takut terhadap vaksinasi, karena vaksin tersebut telah lolos uji klinis dan memastikan keamanan dan kemanjurannya, sebagian kecil masyarakat masih enggan melakukan vaksinasi dan masih menerima informasi yang tidak akurat tentang vaksin.

Dokter Spesialis Anak Dr. Endah Citraresmi, Sp.A (K), dari Yayasan Orang Tua Peduli, mengatakan vaksinasi pada prinsipnya akan membuat seseorang kebal sehingga tidak perlu melalui tahap penyakit jika terserang virus atau bakteri.

“Ini pasti berbeda dengan imunitas alami tubuh yang terjadi setelah seseorang jatuh sakit. Dalam keadaan seperti ini, harus ada tahapan penyakit dulu agar sembuh total dan imunitasnya lengkap,” ujarnya dalam dialog produktif bertema imunisasi efektif: mencapai kualitas hidup yang lebih baik yaitu Diselenggarakan oleh Komite Penanganan COVID-19 dan National Economic Recovery (KPCPEN), Selasa (24/11)).

Selain itu, Dr. Indah mengimbau masyarakat agar tidak mudah percaya dengan informasi palsu seputar vaksin dan imunisasi. Keamanan vaksin yang beredar sudah terkonfirmasi. Pasalnya, proses produksi vaksin telah melalui tahapan keamanan, dimulai dengan uji hewan praklinis, dilanjutkan dengan tiga tahapan uji klinis pada manusia, hingga akhirnya mendapat izin penggunaan dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Saat vaksin beredar di masyarakat, BPOM dan Komite Nasional Tindak Lanjut Pasca Vaksinasi (Komnas KIPI) terus melakukan pemantauan. Sebagai contoh pemantauan, Laporan Efek Samping Vaksinasi dari Pendaftaran MRI Fase 1 2018 menunjukkan bahwa sangat sedikit tindak lanjut pasca vaksinasi yang terkait langsung dengan pemberian vaksin.

READ  Pria berusia 25 tahun ini adalah orang Amerika pertama yang terjangkit Covid-19 dua kali

Dr. Endh.

Dr. Efek samping yang paling sering terjadi setelah vaksinasi adalah reaksi ringan seperti nyeri dan bengkak di sekitar tempat suntikan, kata Indah. Reaksi ini normal dan bisa sembuh dalam waktu singkat. Dibandingkan reaksi ringan ini, manfaat vaksin jauh lebih besar.

“Penyakit serius yang bisa mengakibatkan kecacatan dan kematian, kita bikin vaksin. Makanya angka kematian balita di Indonesia jauh lebih rendah dibanding sebelum ada vaksin. Contohnya pada kasus pneumonia di Indonesia yang menurun karena adanya penemuan. Mendapat vaksin, yaitu penyakit yang menyebabkan kematian terbanyak pada anak balita. Endh.

Dr. Indah juga menegaskan, secara substansi tidak ada pemerintah yang bersedia mengorbankan warganya sendiri. Semua negara, maju dan berkembang, memproduksi vaksin. Padahal, negara sudah menjamin keamanan vaksin. Bahkan negara tersebut terus aktif memantau keamanan vaksin untuk melindungi warganya.

“Vaksin ini sangat penting, tidak hanya untuk anak-anak tetapi juga untuk orang dewasa dan orang tua. Melalui vaksinasi, kami menjaga kesehatan dan produktivitas kami, dan untuk anak-anak kami, vaksin berguna untuk meningkatkan tumbuh kembang.” Endh. (cm)

(Mengoleng)

We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply

MEDIABOGOR.COM AMAZON, DAS AMAZON-LOGO, AMAZONSUPPLY UND DAS AMAZONSUPPLY-LOGO SIND MARKEN VON AMAZON.COM, INC. ODER SEINE MITGLIEDER. Als AMAZON ASSOCIATE VERDIENEN WIR VERBUNDENE KOMMISSIONEN FÜR FÖRDERBARE KÄUFE. DANKE, AMAZON, DASS SIE UNS UNTERSTÜTZT HABEN, UNSERE WEBSITE-GEBÜHREN ZU ZAHLEN! ALLE PRODUKTBILDER SIND EIGENTUM VON AMAZON.COM UND SEINEN VERKÄUFERN.
Media Bogor