Video ini memperlihatkan Gubernur Jakarta jatuh dari sepeda motor pada tahun 2018

Video ini memperlihatkan Gubernur Jakarta jatuh dari sepeda motor pada tahun 2018

Sebuah video telah dilihat ribuan kali di postingan Facebook dan Twitter yang mengklaim menunjukkan Gubernur Jakarta Anies Baswedan jatuh dari sepeda motor di ibu kota Indonesia pada tahun 2021. Klaim itu salah; Video tersebut memperlihatkan Anis kehilangan keseimbangan saat mengendarai sepeda motor pada tahun 2018.

Video telah dibagikan Di Sini di Facebook pada 14 November 2021. Sejak itu telah dilihat lebih dari 15.000 kali.

Klip 14 detik menunjukkan gubernur Jakarta Anis Baswedan Dia memperlambat sepeda motor saat mendekati kerumunan, sebelum tersandung dan jatuh.

Tangkapan layar postingan menyesatkan yang diambil pada 18 November 2021

Judulnya sebagian berbunyi dalam bahasa Indonesia: “Kamu tidak mau kalah … Anis mencoba Sirkuit Monumen Nasional dan dia jatuh dan menginjak gas tetapi tidak bisa menginjak rem.”

Teks yang ditumpangkan pada klip itu berbunyi: “Anies juga tidak mau kalah // test drive sirkuit Monas.”

Video itu diterbitkan beberapa hari setelah Presiden Indonesia Joko Widodo mengendarai Motor kustomnya saat membuka arena balap kelas dunia pertama di Tanah Air di Pulau Lombok, Provinsi Nusa Tenggara Barat, pada 12 November 2021.

Pemprov DKI Jakarta terpaksa meninggalkan rencana menggunakan Monumen Nasional sebagai sirkuit kejuaraan Formula E pada Juni 2022 setelah gagal mendapatkan persetujuan dari pemerintah pusat.

Klip itu juga beredar di publikasi serupa Di Sini Dan Di Sini di Facebook dan Di Sini di Twitter.

Namun, klaim itu salah.

Pencarian gambar dan kata kunci terbalik menemukan bahwa video itu diposting di YouTube Di Sini Oleh CNN Indonesia pada 9 Agustus 2018.

Laporan video tersebut berjudul: “Inilah Momen Anis Baswedan jatuh dari motor besar.”

READ  Obituari: Pembangunan ditangkap dan Jessica Walter Archer meninggal pada tahun 80-an

Judul video tersebut berbunyi: “Anis Baswedan jatuh saat mencoba sepeda motor baru untuk petugas Jakarta. Ini terjadi ketika Gubernur Anies Baswedan memimpin rapat persiapan Dishub di Jakarta untuk Asian Games 2018. Di sela-sela acara, Anis Baswedan sempat mencoba dari tiga sepeda motor berkecepatan tinggi. Tingginya, untuk digunakan petugas dinas, di Kompleks Monumen Nasional, Jakarta Pusat.”

Bagian yang muncul dalam video menyesatkan dimulai dari 0:47 Mark Klip dari CNN Indonesia.

Berikut perbandingan tangkapan layar unggahan menyesatkan (kiri) dengan CNN Indonesia (kanan):

Perbandingan tangkapan layar antara klip di unggahan menyesatkan (kiri) dan tangkapan layar CNN Indonesia (kanan)

Kecelakaan itu dilaporkan oleh media lokal, seperti Detik.com Dan Cakupan 6, pada Agustus 2018.

Anies berbagi pengalamannya di Instagram Di Sini Pada 8 Agustus 2018.

“Gambarnya pas sebelum berhenti dan sepedanya miring lalu jatuh,…Biasanya saya naik Vespa. 🙂 Kalau Vespa berhenti, satu kaki cukup untuk menggendongnya, sepertinya sepeda motor sebesar ini butuh dua kaki saya. untuk menahan pada saat yang sama ketika berhenti. Anda memiliki pengalaman Baru”.

We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply

MEDIABOGOR.COM AMAZON, DAS AMAZON-LOGO, AMAZONSUPPLY UND DAS AMAZONSUPPLY-LOGO SIND MARKEN VON AMAZON.COM, INC. ODER SEINE MITGLIEDER. Als AMAZON ASSOCIATE VERDIENEN WIR VERBUNDENE KOMMISSIONEN FÜR FÖRDERBARE KÄUFE. DANKE, AMAZON, DASS SIE UNS UNTERSTÜTZT HABEN, UNSERE WEBSITE-GEBÜHREN ZU ZAHLEN! ALLE PRODUKTBILDER SIND EIGENTUM VON AMAZON.COM UND SEINEN VERKÄUFERN.
Media Bogor